Harga CPO Hari Ini Anjlok 1% Lebih, Sebulan Sudah Rontok 15%!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
24 June 2021 10:45
Panen tandan buah segar kelapa sawit di kebun Cimulang, Candali, Bogor, Jawa Barat. Kamis (13/9). Kebun Kelapa Sawit di Kawasan ini memiliki luas 1013 hektare dari Puluhan Blok perkebunan. Setiap harinya dari pagi hingga siang para pekerja panen tandan dari satu blok perkebunan. Siang hari Puluhan ton kelapa sawit ini diangkut dipabrik dikawasan Cimulang. Menurut data Kementeria Pertanian, secara nasional terdapat 14,03 juta hektare lahan sawit di Indonesia, dengan luasan sawit rakyat 5,61 juta hektare. Minyak kelapa sawit (CPO) masih menjadi komoditas ekspor terbesar Indonesia dengan volume ekspor 2017 sebesar 33,52 juta ton.

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kembali terkoreksi. Penurunan harga CPO bisa berdampak luas terhadap perekonomian Indonesia.

Pada Kamis (24/6/2021) pukul 10:00 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 3.400/ton. Turun 1,31% dibandingkan hari sebelumnya.

Harga CPO belum bisa lepas dari tren penurunan. Dalam sebulan terakhir, harga sudah ambles 15,51%.


Bagi Indonesia, koreksi harga CPO bisa berdampak sistemik. Pasalnya, CPO adalah produk andalan ekspor Indonesia.

Pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor lemak dan minyak hewan/nabati (yang didominasi CPO) adalah US$ 11,95 miliar. Pangsanya mencapai 15,04% dari total ekspor non-migas.

Saat harga CPO rendah, maka nilai ekspornya bakal berkurang. Penurunan ekspor CPO bisa berdampak kepada ekspor secara keseluruhan karena porsinya yang besar.

Ditambah lagi ada risiko harga akan tertekan karena kenakan pasokan. Ini seiring rencana pemerintah Indonesia yang ingin melonggarkan ketentuan pungutan ekspor CPO.

Sebelumnya, pungutan ekspor berlaku ketika harga menyentuh US$ 670/ton. Ini akan diubah, pungutan baru dikenakan saat harga berada di US$ 750/ton.

Dengan demikian, ada kemungkinan ekspor CPO dari Indonesia akan meningkat karena pungutan baru berlaku ketika harga lebih tinggi. Ada insentif tersendiri bagi produsen di Indonesia untuk 'melempar' ke pasar ekspor.

Wang Tao, Analis Reuters, memperkirakan harga CPO bisa turun ke kisaran MYR 3.351-3.195/ton. Jadi harap bersabar, bukan tidak mungkin harga CPO melanjutkan tren penurunan.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading