Baru Bisa Menguat Jelang Tutup Lapak, Ada Apa dengan Rupiah?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
31 May 2021 15:20
Dollar AS - Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga berhasil terapresiasi di pasar spot, meski tipis saja

Pada Senin (31/5/2021), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.292. Rupiah menguat 0,13% dibandingkan posisi akhir pekan lalu.

Sementara di pasar spot, rupiah mampu finis di jalur hijau. Kala penutupan pasar, rupiah berada di Rp 14.275/US$, terapresiasi 0,04%.


Saat 'lapak' dibuka, rupiah stagnan di Rp 14.280/US$. Selepas itu, rupiah menjalani sebagian besar hari di zona merah, bahkan sempat melemah ke Rp 14.300/US$.

Akan tetapi beberapa menit jelang pasar tutup, rupiah berhasil memperbaiki nasib. Depresiasi rupiah terus tergerus, akhirnya habis dan rupiah mampu berbalik menguat saat penutupan pasar.

Rupiah tidak sendiri. Berbagai mata uang utama Asia juga tidak mampu menguat di hadapan dolar AS, hanya rupee India dan peso Filipina yang masih melemah.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning di perdagangan pasar spot pada pukul 15:04 WIB:


Halaman Selanjutnya ---> Akhir Bulan, Rupiah Memang Rentan Tertekan

Akhir Bulan, Rupiah Memang Rentan Tertekan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading