Luhut ke Korsel Ketemu LG-Hyundai-Samsung, Ini Oleh-Olehnya!

Market - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
28 May 2021 09:14
Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel) pada tanggal 24-25 Mei 2021. Turut mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam kunjungan di hari pertama ini, Luhut bertemu Chairman of Korea Federation of Banks Kim Gwang-soo untuk membahas investasi ke Sovereign Wealth Fund (SWF), guna menarik investasi guna membantu pembangunan infrastruktur.

Indonesia sudah memiliki dana abadi atau SWF bernama Indonesia Investment Authority (INA) yang dibentuk oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Ada juga pertemuan dengan CEO LG Energy Solution Jong Hyun Kim, Luhut membahas investasi di bidang baterai kendaraan listrik. Konsorsium LG sudah menandatangani perjanjian awal yang dilakukan secara virtual pada tanggal 29 April 2021.

Luhut juga bertemu dengan perusahaan farmasi Sungwun Pharmacopia untuk mengajak perusahaan farmasi tersebut meningkatkan investasi dalam pengembangan bahan baku obat (BBO) atau Active Pharmaceutical Ingredient (API) di Indonesia melalui kerja sama dengan PT Kimia Farma Tbk (KAEF), anak usaha BUMN PT Bio Farma (Persero).

Tidak ketinggalan, purnawirawan Jenderal TNI itu juga pergi ke Hyundai Motorstudio bertemu dengan President & CEO of Hyundai Youngjoon Yoon.

Sedangkan pada 25 Mei 2021, Menko Luhut melakukan pertemuan bersama Vice Chairman & CEO of Celltrion Healthcare Hyoung Ki Kim untuk membahas pengembangan vaksin antara Genexine dan Kalbe Farma.

Selanjutnya, rombongan melakukan pertemuan dengan Samsung Electronics untuk membahas potensi investasi Samsung di Indonesia. Agenda hari tersebut ditutup dengan pertemuan bersama pihak The National Pension Service of Korea Kim Yong Jin.

"Selama dua hari kami bertemu dengan beberapa perusahaan Korea Selatan seperti Hyundai, LG Energy Solution, SK, dll yang juga berkomitmen terhadap eco-friendly dan penurunan emisi karbon. Saya senang sekali bahwa perusahaan Korsel juga akan berinvestasi untuk bidang yang ramah lingkungan untuk membantu mencapai target penurunan emisi karbon," kata Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (28/5/21).

Kunjungan Menko Luhut ke Korea Selatan kali ini membawa misi meningkatkan komitmen Indonesia untuk mencapai target penurunan emisi karbon.

Oleh karena itu, selain bertemu dengan perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan, rombongan juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Han Jeoung-ae untuk membahas kerja sama untuk meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim dan nilai ekonomi karbon (carbon pricing).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading