Babak Belur & Rugi, Emiten Mertua Syahrini Pangkas 300 Orang

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
18 May 2021 06:55
Rosano Barack/Dok.Plaza Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengelola Plaza Indonesia, PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) yang dipimpin oleh Rosano Barack mencatatkan penurunan jumlah karyawan perusahaan dalam setahun terakhir akibat dampak pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.

Berdasarkan laporan keuangan audit Desember 2020, komposisi karyawan adalah sebanyak 362 orang, yang merupakan karyawan inti. Sedangkan, jumlah karyawan perseroan pada tahun sebelumnya yaitu sebanyak 662 karyawan sehingga ada pengurangan sebanyak 300 karyawan.

Manajemen PLIN menjelaskan, penghentian kontrak kerja dengan sejumlah besar karyawan merupakan pilihan yang sulit dan terpaksa diambil dengan pertimbangan jangka panjang atas keberlangsungan usaha perseroan.


"Perseroan akan melihat perkembangan yang terjadi ke depannya untuk kembali mempekerjakan karyawan tersebut apabila keadaan berbalik arah dan lingkungan bisnis kembali kondusif," kata manajemen dalam penjelasan laporan keuangan, dikutip Selasa (18/5/2021).

Manajemen juga menjelaskan, sehubungan dengan situasi pandemi yang tengah melanda, program kerja dan tujuan strategi HR (human resources) mengalami penyesuaian menjadi lebih berfokus terhadap menyiapkan karyawan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang mengalami perubahan, termasuk di dalamnya adalah pengaturan kerja sesuai dengan new normal.

"Selain memastikan kesiapan karyawan dalam mengikuti pengaturan kerja new normal, HR juga memiliki fokus untuk memastikan produktivitas organisasi tetap terjaga sehubungan dengan dinamika dalam industri sebagai dampak dari pandemi," tulis manajemen.

Mengacu pada laporan dampak pandemi yang disampaikan manajemen PLIN di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Agustus 2020, saat itu jumlah karyawan berkurang dari 662 orang menjadi 486 karyawan (tetap dan tidak tetap).

Adapun saat itu, jumlah karyawan di PHK dari Januari 2020-Agustus 2020 sebanyak 119 orang, sementara jumlah karyawan yang terdampak dengan status lainnya (pemotongan gaji, penyesuaian shift/hari/jam kerja, dan lainnya) mencapai 124 karyawan.

Sebagai perbandingan, pada 2018 jumlah karyawan PLIN masih sebanyak 1.504 karyawan atau per akhir tahun lalu berkurang 1.142 orang. Perseroan belum melaporkan kinerja keuangan per Maret 2021.

NEXT: Kinerja Plaza Indonesia

Alami Rugi Bersih 2020 Capai Rp 575 M
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading