Nilai Transaksi Saham Susut, tapi Cek Saham Ini Biar Cuan

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
06 May 2021 14:55
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai transaksi saham di Bursa Efek Indonesia sepanjang Mei diproyeksikan masih cenderung terbatas. Kondisi ini disebabkan pelaku pasar masih cenderung wait and see terhadap publikasi laporan keuangan emiten dan momen libur Hari Raya Idul Fitri.

Senior Information Mirae Asset Sekuritas, Martha Christina, memprediksi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Mei ini akan melaju pada rentang 5.883-6.115. Proyeksi IHSG itu didasari oleh prediksi secara teknikal yaitu batas bawah (support) 5.883/5.735 serta batas atas (resistant ) 6.115/6.281.

"IHSG akan bergerak konsolidasi dalam tren downtrend. Mei, adanya Lebaran menyebabkan volume transaksi lebih turun dari bulan sebelumnya," kata Martha, Kamis (6/5/2021).


Menurut Martha, nilai transaksi saham yang diprediksi turun itu sejalan dengan tren penurunan rata-rata transaksi harian. Sebagai gambaran, rerata nilai transaksi April berada pada Rp 9,42 triliun dan sudah turun menjadi Rp 9,14 triliun sejak awal bulan ini. Angka itu turun dari rata-rata Januari-Maret Rp 15,69 triliun per hari.

Meski demikian, ada sejumlah katalis yang berpotensi menggerakkan laju IHSG pada Mei ini, antara lain, angka pertumbuhan ekonomi, data manufaktur dari manufacturing PMI yang menunjukkan perbaikan masih menjadi penunjang prospek ekonomi.

Selain itu, katalis positif lainnya juga datang dari membaiknya sejumlah harga komoditas seiring ekspektasi pemulihan ekonomi AS dan China. Namun, investor masih akan tetap memperhatikan kasus penyebaran Covid-19 dan sudah berjalannya program vaksinasi di tanah air.

Di sisi lain, lanjutnya, faktor kasus baru Covid-19 domestik setelah libur panjang Lebaran berpotensi menjadi katalis negatif. Namun, jika angka Covid-19 masih stabil dan tidak mengalami kenaikan berarti karena pembatasan mudik yang berhasil oleh pemerintah, maka faktor itu dapat beralih menjadi faktor positif bagi pergerakan pasar saham.

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading