Lagi! Perusahaan Tommy Soeharto Jual Kapal, Berapa Duit ya?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
26 April 2021 06:20
Tommy Soeharto (Foto: Rengga Sancaya)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan angkutan laut milik Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menjual kapal milik perusahaan senilai Rp 38,35 miliar.

Penjualan itu dilakukan oleh anak usahanya yakni PT Hutama Trans Kencana (Matrans) berupa 1 unit kapal yakni Ghina Energy.

Pembelinya yakni PT Samudra Marine Indonesia, bukan merupakan afiliasi dari perusahaan. Situs resminya mencatat, Samudra Marine adalah galangan kapal yang berlokasi strategis di Bojonegara, Serang, sekitar 80 km Barat Jakarta.


"Tidak ada dampak langsung terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usaha perseroan. Penjualan karena usai kapal dan untuk tetap menjaga kapal yang dioperasikan sesuai standard keselamatan," kata Direktur Utama Budi Haryono, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Minggu (25/4/2021).

Pada November tahun lalu, HITS juga menjual tiga unit kapal yang dimiliki oleh anak usahanya yakni PT Humpuss Transportasi Curah (HTC). Nilai total penjualan ketiga kapal tersebut mencapai Rp 18 miliar.

Saat itu Budi Hartono mengatakan penjualan kapal itu merupakan salah satu bentuk revitalisasi armada kapal yang dimiliki oleh perusahaan. Adapun jenis ketiga kapal tersebut adalah TB Semar 9, Box 22, dan Box 15.

Rinciannya, Kapal TB Semar 9 dan Box 22 senilai Rp 14,8 miliar dan kapal Box 15 dengan harga Rp 3,3 miliar. Sementara pembeli dari kapal-kapal tersebut adalah PT Singa Laut Perkasa dan PT Trans Makmur Bersama. Kedua perusahaan pembeli kapal itu disebut bukan afiliasi dari perseroan.

Humpuss Intermoda Transportasi atau HITS merupakan perusahaan milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, putra mendiang Presiden Soeharto. Tommy tercatat memiliki sekitar 738.692.651 lembar saham atau 10,80% saham di Humpuss Intermoda Transportasi per 30 September 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading