Saham Syariah BRIS-BANK-BTPS-PNBS Lagi Hype, Siapa Juaranya?

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
16 April 2021 11:45
Suasana pelayanan kantor cabang Bank Syariah Indonesia, Jakarta Senin (1/2). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) resmi beroperasi. Direktur Utama BRIS Hery Gunardi menjelaskan bahwa integrasi ketiga bank BRIsyariah, BNI Syariah dan BSM telah dilaksanakan sejak Maret 2020 atau memakan waktu selama 11 bulan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Awal tahun 2021 menandai babak baru perbankan syariah di Tanah Air. Pasalnya, pada 1 Februari 2021 PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) resmi lahir dari hasil merger tiga bank syariah BUMN.

Pada tanggal yang sama, di bulan dan hari yang sama, bank syariah dengan modal mini, PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk (BANK), resmi mencatatkan saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham BANK.

Dengan hadirnya Bank Syariah Indonesia, bank syariah pelat merah otomatis terkonsolidasi dan memiliki aset yang lebih jumbo. Bank ini gabungan dari PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah.


Sementara, Bank Net, yang merupakan pendatang baru di bursa, sudah melakukan sejumlah manuver, mulai dari pergantian nama, rencana rights issue, dan kabar soal investor kakap yang bakal masuk. Namanya kini menjadi Bank Aladin Syariah, dari sebelumnya Bank Net Indonesia Syariah dan Bank Maybank Syariah.

Selain kedua bank syariah di atas, masih ada dua bank lagi yang belum disebut, yakni bank Grup Panin PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS) dan anak usaha Bank BTPN PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS).

Lantas, bagaimana sih kinerja saham keempat bank syariah tersebut dalam sebulan terakhir?

Di bawah ini Tim Riset CNBC Indonesia menyajikan tabel kinerja saham empat bank syariah di bursa domestik dalam sebulan belakangan, berdasarkan data BEI per Kamis (15/4/2021).

Menurut data di atas, dari empat saham bank syariah ada dua saham yang menunjukkan kinerja positif, baik secara harian maupun sebulan. Kedua saham tersebut ialah BANK dan PNBS.

Sementara, kedua saham lainnya, BTPS dan BRIS sama-sama ambles dalam sehari dan sebulan belakangan.

NEXT: Simak Analisis BANK-BRIS

Bank Aladin versus Bank Syariah Indonesia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading