Hari Pertama Puasa, Harga Minyak Sawit Mentah Naik 1%

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
13 April 2021 11:50
Ilustrasi kelapa sawit. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga hari ambles dalam, harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) menunjukkan adanya tanda-tanda menguat hari ini, Selasa (13/4/2021). Kenaikan harga minyak nabati ini menyusul pergerakan harga minyak mentah dunia serta bertepatan dengan hari pertama puasa Ramadan.

Pada 10.50 WIB, harga kontrak CPO pengiriman Juni yang aktif ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange naik hampir 1% ke RM 3.685/ton. Minggu lalu harga CPO sempat tembus RM 3.845/ton. 

Hari ini harga minyak mentah dunia juga mengalami apresiasi setelah beredar kabar bahwa lusinan drone milik pemberontak Houthi telah berhasil menyerang fasilitas minyak Saudi Aramco di Jubail dan Jeddah. Hanya saja sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Aramco. 


Kabar tersebut membuat pasar berspekulasi dan menaikkan harga minyak. Peningkatan harga si emas hitam menjadi katalis positif bagi harga minyak sawit yang merupakan bahan baku pembuatan biodiesel substitusi minyak. 

Faktor yang juga turut menekan harga adalah potensi kenaikan stok minyak sawit Malaysia. Persediaan minyak sawit Negeri Jiran diperkirakan naik 1,3% menjadi 1,32 juta ton menurut polling yang dilakukan Reuters. 

"Namun, ini menunjukkan tingkat stok minyak sawit yang sangat ketat karena tingkat stok minyak sawit Malaysia bulan Maret rata-rata 1,97 juta ton selama 10 tahun terakhir," kata Ivy Ng, kepala daerah penelitian perkebunan di CGS-CIMB Research, dalam sebuah catatan sebagaimana diwartakan Reuters.

Produksi yang telah menyusut sejak September karena kondisi musim hujan ekstrem dan krisis tenaga kerja akibat pandemi, diperkirakan telah melonjak 25% ke level tertinggi empat bulan sebesar 1,38 juta ton. Ekspor kemungkinan melonjak 25% menjadi 1,12 juta ton, tertinggi sepanjang tahun ini.

"Permintaan diperkirakan akan lebih tinggi bulan ini karena restocking pasca-Ramadan serta diskon yang lebih kuat dari minyak sawit terhadap saingannya yaitu minyak kedelai dan minyak bunga matahari," kata Marcello Cultrera, manajer penjualan kelembagaan dan pialang di Phillip Futures di Kuala Lumpur.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading