CPO Naik 1% Lebih, Harga Tembus RM 3.400/ton Lagi

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
18 December 2020 17:41
Ilustrasi kelapa sawit. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (CPO) untuk kontrak Maret di Bursa Malaysia Derivatif Exchange naik 1% lebih pada perdagangan hari ini, Jumat (18/12/2020).

Harga kontrak futures pengiriman tiga bulan yang aktif ditransaksikan di bursa berjangka ini naik 1,33% ke RM 3.423/ton pada 11.30 WIB. Prospek produksi di penghujung tahun yang negatif dan peningkatan ekspor membuat harga terkerek naik.


"Pasar mengantisipasi pertumbuhan produksi negatif pada bulan Desember dan peningkatan ekspor," kata seorang pedagang yang berbasis di Kuala Lumpur kepada Reuters. "Kami juga mengharapkan pajak ekspor Januari tetap nol." pungkasnya.

Menurut surveyor kargo Societe Generale de Surveillance ekspor produk minyak sawit Malaysia selama 1 hingga 15 Desember naik 9,5% menjadi 725.380 ton per bulan.

Kendati ekspor ke China drop dari 164,2 ribu ton menjadi 51,6 ribu ton, ekspor Malaysia ke Uni Eropa, Pakistan, AS dan India mengalami peningkatan sehingga total ekspor masih terdongkrak naik.

Stok akhir minyak sawit Malaysia pada November turun ke level terendah lebih dari tiga tahun karena produksi merosot. Persediaan akhir November di produsen minyak sawit terbesar kedua di dunia itu turun 0,58% dari bulan sebelumnya menjadi 1,56 juta ton, terendah sejak Juni 2017.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading