Cadangan Devisa RI Kalah Sama Thailand & Singapura, Bahaya?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 April 2021 07:06
ilustrasi uang Ilustrasi Dolar AS (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengumumkan cadangan devisa per akhir Maret 2021 adalah US$ 137,09 miliar. Turun sekitar US$ 1,7 miliar dibandingkan bulan sebelumnya.

"Penurunan posisi cadangan devisa pada Maret 2021 terutama dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah sesuai pola jatuh tempo pembayarannya. Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," sebut keterangan resmi BI yang dirilis kemarin.


Penurunan pada Maret 2021 memutus rantai penambahan cadangan devisa yang sebelumnya terjadi tiga bulan berturut-turut. Kenaikan selama tiga bulan itu membuat cadangan devisa Indonesia mencapai US$ 138,79 miliar pada Februari 2020, tertinggi sepanjang sejarah.

Selain akibat pembayaran utang pemerintah, sepertinya koreksi cadangan devisa disebabkan kebutuhan stabilisasi nilai tukar rupiah. Maklum, bulan lalu rupiah tertekan lumayan hebat sampai melemah nyaris 2% di hadapan dolar Amerika Serikat (AS).

Untuk stabilisasi nilai tukar, BI melakukan intervensi di tiga pasar yaitu Domestic Non-Deliverable Forwards (DNDF), spot, dan obligasi pemerintah atau Surat Berharga Negara (SBN). Dari tiga 'lapak' ini, posisi BI lebih mudah dilihat di pasar SBN.

Per akhir Maret 2021, nilai kepemilikan SBN yang digunakan oleh BI dalam rangka operasi moneter adalah Rp 516,8 triliun. Naik Rp 39,28 triliun (8,22%) dari akhir Februari 2021.

Dalam menjaga nilai tukar rupiah, BI melakukan apa yang disebut 'sedot dan semprot'. Jika pasokan valas di dalam negeri dirasa terlalu sedikit sehingga rupiah melemah, BI 'menyemprot' pasar dengan likuiditas, salah satunya dengan memborong SBN. Inilah yang rasanya dilakukan MH Thamrin bulan lalu.

Halaman Selanjutnya --> Cadangan Devisa Hanya 'Pertahanan' Lapis Pertama

Cadangan Devisa Hanya 'Pertahanan' Lapis Pertama
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading