Meski PPKM Mikro Diperpanjang, IHSG Tetap Melesat

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
20 March 2021 18:00
Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia memutuskan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro selama dua pekan, mulai 23 Maret hingga 5 April nanti.

Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dalam keterangan pers, Jumat (19/3/2021).

"Dari indikator pengendalian Covid-19, dari BOR (bed occupancy ratio), kesembuhan dan kematian di 10 provinsi terjadi perbaikan seiring dengan kedisiplinan protokol tentu efektivitas pengendalian Covid-19 sambil vaksinasi maka kami sampaikan PPKM Mikro diperpanjang 23 Maret sampai 5 April," ujar Airlangga.


Aturan PPKM mikro kali ini juga tidak banyak merubah, malah ada pelonggaran, hanya saja ada penambahan 5 provinsi yang masuk dalam PPKM Mikro sehingga totalnya menjadi 15 daerah. Provinsi baru tersebut adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, NTT dan NTB.

Dalam PPKM mikro kali ini, perguruan tinggi sudah dizinkan melakukan kegiatan secara tatap muka secara bertahap dengan penerapan protokol kesehatan, serta dengan proyek percontohan berbasis peraturan daerah.

Selain itu, kegiatan seni dan budaya kini boleh dijalankan dengan maksimal 25% orang yang terlibat, serta menerapkan prokes.

Aturan lainnya masih tetap sama, perkantoran masih diwajibkan 50% work from home (WFH), sektor esensial beroperasi penuh dengan prokes, dan pusat perbelanjaan bisa beroperasi hingga pukul 21:00 WIB.

PPKM mikro sudah berlangsung sejak 9 Februari lalu, artinya sudah berlangsung selama 6 pekan, sebelumnya ada PPKM skala luas wilayah Jawa-Bali yang dimulai sejak 11 Januari hingga 8 Februari.

Selama berlangsungnya PPKM mikro, pasar keuangan Indonesia sebenarnya tidak terlalu terpengaruh, terlihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang masih menanjak meski perlahan.

Jika dilihat sejak penerapan PPKM mikro pada 9 Februari hingga Jumat (19/3/2021) kemarin, IHSG sudah membukukan penguatan 2,37%.

Sementara jika dilihat sejak awal penerapan PPKM secara luas pada 11 Januari hingga Jumat kemarin, IHSG membukukan penguatan 1,57%.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Tren Penambahan Kasus Covid-19 Melandai, Perekonomian Membaik

Tren Penambahan Kasus Covid-19 Melandai, Perekonomian Membaik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading