Gegara Covid, Leasing Grup Astra Setop Rilis Obligasi Rp 15 T

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
01 March 2021 10:35
foto : Ist/fifgroup.co.id

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan leasing sepeda motor Grup Astra, PT Federal International Finance (FIF) memutuskan untuk menyetop penerbitan obligasi dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV dengan total emisi yang dihimpun Rp 15 triliun. Penghentian ini imbas dari pandemi Covid-19.

"Penghentian PUB IV dilakukan perseroan dengan mempertimbangkan dampak dari pandemi Covid-19 terhadap kebutuhan sumber pendanaan di mana perseroan telah melakukan penyesuaian sumber pendanaan terhadap target pembiayaan dan tingkat kolektibilitas," kata Presiden Direktur FIF Group, Margono Tanuwijaya, dalam keterangannya, Senin (1/3/2021).

Seperti diketahui, dalam PUB IV ini, FIF Group berencana menghimpun pendanaan sebesar Rp 15 triliun sejak efektifnya pernyataan pendaftaran pada 17 Juni 2019.


Sementara itu, selama periode Juni 2019 sampai dengan Oktober 2020, perseroan telah menghimpun dana sebesar Rp 3 triliun, sehingga tersisa yang bisa diterbitkan lagi yakni Rp 12 triliun yang akhirnya dibatalkan.

Adapun rincian penerbitan obligasi Rp 3 triliun itu yakni Obligasi Berkelanjutan IV FIF Tahap I Tahun 2019 dengan jumlah pokok Rp 1,5 triliun. Surat utang tersebut terbagi dalam dua seri, pertama, Seri A sebesar Rp 457,67 miliar dan Seri B sebesar Rp 1,04 triliun.

Sementara itu, dari Obligasi Berkelanjutan IV FIF Tahap II Tahun 2020, perseroan juga menghimpun dana sebesar Rp 1,5 triliun. Rinciannya, terdiri dari Obligasi Seri A sebesar Rp 854,55 miliar dan Obligasi Seri B sebesar Rp 645,44 miliar.

Mengacu situs perusahaan, Federal International Finance (FIFGROUP) FIFGROUP adalah perusahaan pembiayaan yang didirikan pada tahun 1989 oleh Astra yang menyediakan fasilitas pembiayaan konvensional dan syariah bagi konsumen yang ingin membeli sepeda motor Honda.

Kontribusi portofolio terbesar berasal dari pembiayaan sepeda motor Honda dengan merek dagang FIFASTRA.

Unit bisnis multipurpose financing di bawah merek dagang SPEKTRA terutama untuk pembiayaan produk elektronik dan peralatan rumah tangga. Unit bisnis pembiayaan modal kerja mikro dan religious tour dengan merek dagang AMITRA financing. Pada akhir tahun 2017, FIFGROUP mengelola jaringan penjualan dengan 196 kantor cabang dan 416 titik layanan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dampak Penjualan Mobil, Laba Grup Astra Turun 22% di Q1-2021


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading