'Misteri' di Balik Kawasan Lido City Hary Tanoe Bisa Jadi KEK

Market - Cantika Adinda, CNBC Indonesia
15 February 2021 18:36
Gedung MNC Group

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah menyetujui proyek MNC Lido City di Lido, Sukabumi, Jawa Barat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Apa dasarnya?

Tim Ahli Menko Perekonomian, sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi, Sanny Iskandar menjelaskan manajemen MNC Lido City secara syarat sudah mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah serta mendapatkan usulan dari pemerintah provinsi setempat


Selain itu, pertimbangan lainnya, MNC Lido City ditetapkan sebagai KEK Pariwisata karena dianggap melalui pembangunan kawasan ekonomi tersebut bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kemudian bisa menggairahkan sektor riil, dalam hal ini pariwisata, dan bisa memberikan percepatan untuk ekonomi daerah dan penyerapan tenaga kerja," kata Sanny menjelaskan kepada CNBC Indonesia saat dihubungi, Senin (15/2/2021).

"Jadi, pasti dampak ke ekonomi dan khususnya kesejahteraan masyarakat itu jadi pertimbangan kenapa kawasan ekonomi diberikan status KEK," jelasnya.

Sanny mengungkapkan hal tersebut sebenarnya masih harus menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlebih dahulu yang ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP).

"Kemungkinan besar kalau dari Ketua Dewan Nasional KEK, dalam hal ini Pak Airlangga Hartarto (sekaligus Menko Perekonomian) ke presiden, praktis 99%, karena presiden mengeluarkan PP saja," tutur Sanny.

Kemudian pengembang akan diberi waktu 3 tahun untuk merealisasikan kawasannya. Jika kemudian tidak berjalan atau tidak sesuai rencana, akan ada perpanjangan satu kali. Apabila tidak juga terealisasi maka status KEK akan dicabut.

"Nggak ada ketentuan secara khusus (Status KEK), mau 70 tahun, mau 50 tahun. Tapi, tentunya setiap saat pemerintah bisa melihat dan akan direview kawasannya," jelas Sanny.

Sebelumnya, dalam keterangan resminya, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Nasional KEK, Airlangga Hartarto berharap proyek Lido itu mampu menghadirkan investasi serta menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang signifikan.

"Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga dan devisanya pun juga premium," ujarnya melalui keterangan resminya.

Airlangga mengatakan prediksi dari keberadaan theme park di KEK Lido mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038.

Sementara inflow devisa dari wisatawan mancanegara dan penghematan outflow devisa dari wisatawan dalam negeri dapat mencapai US$4,1 miliar selama 20 tahun.

Halaman Selanjutnya >> Keuntungan MNC Lido City Jadi KEK

Keuntungan Lido City Jadi KEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading