Meroket Ratusan Persen, 2 Saham Ini 'Digembok' BEI

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
26 January 2021 12:38
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham dua emiten lantaran terjadi pergerakan harga saham secara signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Suspensi dilakukan mulai sesi I perdagangan Selasa ini (26/1) sampai dengan pengumuman Bursa lebih lanjut.

Kedua saham tersebut yakni PT Capitol Nusantara Indonesia Tbk (CANI), emiten pelayaran, dan perusahaan yang bergerak di jasa e-commerce untuk UMKM yakni PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (KIOS).


"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham CANI, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham CANI di Pasar Reguler dan Pasar Tunai mulai sesi I perdagangan tanggal 26 Januari 2021 sampai dengan pengumuman Bursa lebih lanjut," tulis BEI.

Bursa mengimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan.

Ketentuan yang sama berlaku juga untuk KIOS. Adapun Capitol Nusantara Indonesia bergerak dalam pelayaran dalam negeri, jasa pelayaran dan pengangkutan, dan jasa keagenan kapal.

BEI mencatat, saham CANI meroket 159% sepekan terakhir di level Rp 394/saham dengan kapitalisasi pasar Rp 328 miliar, sebulan terakhir meroket 264%.

Sementara itu saham KIOS naik 17% sepekan, dengan kapitalisasi pasar Rp 476 miliar, dengan penguatan sebulan terakhir fantastis, 343%.

Di sisi lain, BEI juga membuka kembali suspensi saham PT Global Teleshop Tbk. (GLOB) mulai perdagangan sesi I hari ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Suspensi Saham Emiten Manoj Punjabi & KIOS Dibuka!


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading