Kaesang Rajin Cuit Saham BUMN, Masuk Insider Trading Gak sih?

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
06 January 2021 12:12
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi bagian dari e-Sport. (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, lagi jadi buah bibir di pasar modal Tanah Air. Betapa tidak, Kaesang yang mengistilahkan prinsip investasinya dengan 'Sangmology' ini rajin mencuit portofolio saham yang menjadi buruannya, terutama saham-saham perusahaan BUMN.

Saham-saham yang disinggung mulai dari emiten farmasi BUMN yakni PT Kimia Farma Tbk (KAEF), emiten emas BUMN PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) hingga emiten migas subholding PT Pertamina (Persero) yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Misalnya pada perdagangan Senin (5/1), saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di awal perdagangan terkoreksi 0,15% ke level 6.095,84, Kaesang berkicau di media sosial melalui akun twitter pribadinya, dia mengunggah harga saham PGAS.


Hanya satu kata yang menjadi cuitan Kaesang. "Akankah?", demikian kata yang tertulis dalam cuitan twitter Kaeasang.

Rabu ini (6/1), Kaesang juga mengunggah tangkapan layar berita CNBC Indonesia mengenai naiknya harga crude palm oil (CPO) yang tertinggi sejak satu dekade terakhir.

"Kalo CPO naik, sahamnya juga naik gak ya? Gimana cuanmin @SahamRakyat?," tulisnya di akun @kaesangp, Rabu (6/1/2021).

Meski begitu, ia tidak spesifik menyebut kode saham emiten CPO tertentu. Sontak, setelah cuitan tersebut, saham-saham emiten sawit di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Rabu ini 'berterbangan'.

Misalnya, saham emiten sawit Grup Astra, PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) pagi ini terpantau naik 2,12% ke level Rp 13.275 per saham.

Sebelumnya, dan ini yang menarik, adalah ketika pemberitaan vaksin ramai di media massa. Pada Rabu (16/12/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menggratiskan vaksin Covid-19 kepada seluruh masyarakat. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangan pers via Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi pun memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. Saat itu kabar tersebut langsung menjadi katalis penguatan IHSG yang akhirnya menyentuh level 6.100.

Selain itu, data perdagangan mencatat, saham-saham perusahaan farmasi langsung naik di antaranya KAEF naik 2,54% Rp 4.440/saham dan PT Indofarma Tbk (INAF) naik 1,90% di posisi Rp 4.300/saham. Kedua emiten ini adalah anak usaha BUMN PT Bio Farma (Persero) yang bertanggung jawab untuk pengelolaan vaksin.

Namun di hari yang sama, pada pukul 11.44 WIB, anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, ternyata menyinggung salah satu kode saham BUMN farmasi, yaitu Kimia Farma alias KAEF.

Cuitan Kaesang tersebut sebetulnya menjawab salah satu unggahan netizen yang isinya soal kebijakan vaksin oleh Jokowi.

Sebelumnya Kaesang juga sempat menyebutkan saham ANTM dalam postingan di akun Twitternya. Postingan Kaesang tersebut sebernarnya merupakan respons Kaesang terhadap salah satu berita media.

NEXT: Apakah Kaesang Termasuk Insider?

Apa Saja Kategori Insider Trading?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading