Newsletter

Persiapan Terakhir! IHSG Menuju Penguatan 11 Pekan Beruntun

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
18 December 2020 06:03
Ilutrasi Bursa. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar keuangan dalam negeri kembali bervariasi pada Kamis kemarin, saat perdagangan dipenuhi sentimen dari luar dan dalam negeri. Sentimen tersebut masih akan mempengaruhi perdagangan hari ini, Jumat (18/12/2020), plus Wall Street yang mencetak rekor tertinggi sepanjang masa, sehingga pasar saham dalam negeri berpotensi memperpanjang reli menjadi 11 pekan beruntun.

Kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun tipis 0,08% ke 6.113,382. Data perdagangan mencatat investor asing melakukan aksi jual bersih (net sell) sebesar Rp 143 miliar, dengan nilai transaksi mencapai Rp 21,9 triliun.


Kemudian rupiah akhirnya menguat tipis 0,04% melawan dolar Amerika Serikat (AS) ke Rp 14.085/US$ setelah stagnan nyaris sepanjang perdagangan.

Sementara dari pasar obligasi, harga Surat Berharga Negara (SBN) mengalami penguatan. Yield SBN tenor 10 tahun turun 9,4 basis poin (bps) menjadi 6.007%. Untuk diketahui, pergerakan yield berbanding terbalik dengan harga obligasi. Saat harga naik, yield akan turun, begitu juga sebaliknya.

Hampir ke bawah level 6%, yield SBN tenor 10 tahun kini berada di level terendah sejak Mei 2013.

Sentimen positif datang dari eksternal, bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) menegaskan akan terus melanjutkan program pembelian aset (quantitative easing/QE) dengan nilai setidaknya US$ 120 miliar per bulan "sampai ada perbaikan substansial menuju target pasar tenaga kerja full employment serta stabilitas harga".

Artinya kebijakan moneter ultra longgar masih akan dipertahankan dalam waktu yang lama, sampai pasar tenaga kerja AS kembali mencapai full employment dan inflasi konsisten di atas 2%.

Selain QE, The Fed juga berkomitmen mempertahankan suku bunga acuan <0,25% dalam waktu yang lama.

"Langkah-langkah ini akan memastikan kebijakan moneter akan terus memberikan dukungan yang kuat terhadap perekonomian sampai pemulihan tercapai," kata ketua The Fed, Jerome Powell, sebagaimana dilansir CNBC International.

Di sisi lain, stimulus fiskal di AS juga sepertinya akan cair dalam waktu dekat. Para pemimpin dari Partai Demokrat dan Republik di House of Representatif (DPR) dan Senat AS masih melakukan perundingan.

"Saya optimistis kita bakal bisa mencapai pemahaman dalam waktu dekat," tutur Pimpinan Mayoritas Senat dari Partai Republik, Mitch McConnel, pada Selasa malam setelah pertemuan tersebut.

Sementara itu Pimpinan Minoritas Senat Chuck Schumer mengatakan bahwa para pimpinan "membuat kemajuan, dan semoga kita bisa mencapai kesepakatan segera."

Dari dalam negeri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengatur pelaksanaan kegiatan perkantoran hingga pusat perbelanjaan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Hal ini untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 selama masa liburan akhir tahun ini.

Pengaturan ini dikeluarkan melalui Seruan Gubernur (Sergub) Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta nomor 17 tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 pada Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Seruan tersebut tidak seketat awal-awal masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tetapi tetap membatasi pergerakan masyarakat, sehingga tingkat konsumsi berisiko tertekan dan menghambat pemulihan ekonomi.

Sementara itu Bank Indonesia (BI) sesuai prediksi mempertahankan suku bunga bunganya saat mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Desember 2020. Gubernur Perry Warjiyo dan kolega memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,75%.

Keputusan ini mempertimbangkan prakiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan perbaikan ekonomi terus berlanjut dengan ekonomi yang tumbuh 5% di 2021.

Siap-Siap Stimulus Fiskal Cair, Wall Street Cetak Rekor
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading