Heboh Pelecehan & Pemerkosaan di Kebun Sawit, Ada Sinar Mas?

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
26 November 2020 17:51
(AP Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Golden Agri-Resources Ltd, unit usaha Grup Sinarmas yang tercatat di Bursa Singapura, memberikan pernyataan berkaitan dengan hasil investigasi kantor berita Associated Press (AP) berjudul "Rape, abuses in palm oil fields linked to top beauty brands".

Dalam investigasi ini AP mengungkapkan adanya pelecehan seksual dan upah yang tidak layak kepada para pekerja perempuan di perkebunan sawit besar di Indonesia dan Malaysia.

Pelecehan tersebut mulai dari kekerasan verbal, hingga kekerasan fisik termasuk pemerkosaan.


Laporan AP yang dirilis 25 November lalu itu menyebut besarnya industri minyak sawit yang ditemukan dalam segala hal, mulai dari keripik kentang, pil, makanan hewan, hingga produk kecantikan.

Besaran nilai rantai pasokan industri kecantikan ini mencapai US$ 530 miliar atau Rp 7.420 triliun (kurs Rp 14.000/US$), melibatkan nama-nama besar seperti L'Oréal, Unilever, Procter & Gamble, Avon dan Johnson & Johnson.

Anita Neville, Senior Vice President, Group Corporate Communications Golden Agri, pun angkat suara terkait dengan investigasi AP tersebut yang menyeret perusahaan sawit raksasa di Indonesia dan Malaysia.

Pihaknya menegaskan tuduhan adanya pelecehan seksual dan kekerasan di beberapa perkebunan kelapa sawit di dua negara tersebut, seperti dilansir AP, sangat memprihatinkan.

Perseroan mempekerjakan lebih dari 30.000 perempuan secara langsung, dan secara tidak langsung juga mendukung mata pencaharian ribuan karyawan lainnya.

"Perilaku yang dijelaskan dalam artikel tersebut tidak dapat diterima," tegasnya, dalam siaran pers Golden Agri, dikutip Kamis (26/11/2020).

"Saya malu berpikir bahwa ini bisa terjadi di sektor kami. Kami lebih baik dari ini. Jika Anda memiliki bukti ada pelecehan semacam ini, gunakan hotline dan saluran pengaduan agar Anda dapat didengar. Yang buruk bagi Anda, para pekerja wanita, juga buruk bagi kami, industri secara keseluruhan," kata Anita.

Dia menegaskan, lewat Kebijakan sosial dan lingkungan, perseroan yang merupakan induk dari PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk (SMAR) ini menetapkan komitmen yang jelas dalam menciptakan kesempatan kerja yang setara bagi perempuan.

NEXT>>>Benarkah Ada Kekerasan Terhadap Pekerja Perempuan?

Golden-Agri: Tak Ada Perusahaan yang Sempurna
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading