Heboh Pelecehan & Pemerkosaan di Kebun Sawit, Ada Sinar Mas?

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
26 November 2020 17:51
(AP Photo, Binsar Bakkara)

Lebih lanjut, Anita Neville, Senior Vice President, Group Corporate Communications Golden Agri, menjelaskan, pihaknya juga memiliki berbagai kebijakan dan tindakan guna mendukung dan memberdayakan perempuan dalam bisnis perusahaan dan masyarakat.

Contohnya termasuk, adanya Komite Gender di lebih dari 100 perkebunan perusahaan untuk menyediakan sarana bagi perempuan untuk membahas dan menangani masalah, termasuk pengaduan.

Kemudian, ada saluran telepon rahasia dan prosedur pengaduan untuk memungkinkan pelaporan perilaku yang tidak pantas atau pelecehan.


Lalu ada pula dukungan bagi ibu menyusui dan ibu bekerja, melalui penyediaan ruang pompa ASI bagi ibu menyusui yang sudah kembali bekerja, fasilitas penitipan anak usia dini, dan akses pendidikan gratis bagi anak.

Perseroan juga telah mendaftar untuk menjadi anggota Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE).

Perseroan juga saat ini mengambil bagian dalam Fasilitas Perawatan Anak Belajar yang disponsori bersama oleh PROSPERA (program kerja sama ekonomi Indonesia dan Australia) dan IBCWE untuk membantu pekerja perempuan dalam pekerjaan mereka.

"Sebanyak 506 perempuan telah memperoleh manfaat dari pelatihan keterampilan dan peningkatan pendapatan rumah tangga dari proyek yang dilaksanakan sebagai bagian dari Proyek Rehabilitasi Gambut kami di PT AMNL di Kalimantan Barat," kata Anita.

Jesslyne Widjaja, Direktur Eksekutif Golden Agri, mengatakan perseroan tidak mengklaim menjadi perusahaan yang sempurna dalam kaitannya dengan pelecehan di tempat kerja.

"Tidak ada perusahaan atau sektor industri yang bisa. Tapi kami tetap berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan," tegasnya.

"Dan itu dimulai dengan mengakui bahwa untuk menghapus pelecehan seksual dan lainnya serta diskriminasi dari tempat kerja, kami perlu menyediakan sarana untuk menyampaikan keluhan dan mendengar serta menindaklanjutinya dengan tepat dan dengan belas kasih."

"Tuduhan pelecehan harus dilaporkan dan diselidiki dengan benar, dengan empati, tidak ditutup-tutupi atau disembunyikan. Kita harus mendorong mereka yang memiliki bukti pelecehan semacam ini untuk maju, menggunakan saluran hotline dan pengaduan sehingga mereka dapat didengar," katanya.

s

Kekerasan Verbal, Pelecehan, hingga Perkosaan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading