Polling CNBC Indonesia

Urgent! Ekonomi 'Mati Suri', Kok Bunga BI Belum Turun Juga?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 November 2020 06:10
CNBC Indonesia/Muhammad Sabki
  • Menambah proyeksi Mirae Asset

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) diperkirakan masih mempertahankan suku bunga acuan sebagai hasil Rapat Dewan Gubenur (RDG) bulan ini. Padahal kebutuhan penurunan suku bunga sudah bisa dibilang mendesak.

Gubernur Perry Warjiyo dan sejawat akan menggelar RDG pada 18-19 November 2020. Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan BI 7 Day Reverse Repo Rate masih bertahan di 4%.


Institusi

BI 7 Day Reverse Repo Rate (%)

Maybank Indonesia

4

Bahana Sekuritas

3.5

Citi

3.75

CIMB Niaga

4

Bank Danamon

4

ING

4

ANZ

3.75

Danareksa Research Institute

4

BCA

4

Standard Chartered

3.75

BNI Sekuritas

3.75

DBS

4

Bank Mandiri

3.75

Mirae Aset

4

MEDIAN

4


Dari 13 ekonom/analis yang terlibat dalam pembentukan konsensus, delapan di antaranya memperkirakan suku bunga acuan tidak akan berubah. Salah satunya adalah Radhika Rao, Ekonom DBS.

Menurut Rao, memang betul bahwa tekanan inflasi sangat minim. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi pada Oktober 2020 sebesar 1,44% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Inflasi tahun kalender (Januari-Oktober 2020) pun masih rendah, yaitu 0,95%.

Ekonomi Indonesia pun masih mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) 3,49% YoY pada kuartal III-2020. Produk Domestik Bruto (PDB) Tanah Air sudah terkontraksi dua kuartal beruntun, artinya Indonesia sudah memasuki masa resesi ekonomi.

"Akan tetapi, bank sentral sepertinya lebih fokus untuk mendorong pertumbuhan dari sisi lainnya yaitu menopang pasar obligasi dan menjaga likuiditas tetap memadai agar ekonomi tetap stabil usai era pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) berakhir. Namun bukan berarti BI tidak waspada, karena kasus positif harian mulai meningkat pada November setelah agak melambat," sebut Rao dalam risetnya.

Impor Jeblok, Industri Rontok
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading