Biden Menangi Pilpres AS, Siap-siap Rupiah Bakal Garang!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 November 2020 07:45
Joe Biden berpidato didepan publik. (AP/Carolyn Kaster)

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) punya presiden baru. Joseph 'Joe' Biden, calon presiden dari Partai Demokrat, memenangi persaingan dengan sang petahana Donald Trump dari Partai Republik.

Per 8 November 2020 pukul 00:58 WIB, Biden mengantongi 290 suara elektoral (electoral college vote) berbanding 214 untuk Trump. Butuh 270 suara elektoral, perolehan Biden sudah lebih dari itu sehingga dipastikan bakal menjadi penunggu Gedung Putih yang baru.

pilpresSumber: Guardian


"Amerika, saya merasa terhormat Anda semua telah memilih saya untuk memimpin negara kita yang hebat ini. Pekerjaan mendatang akan berat, tetapi saya bisa menjanjikan ini: saya akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat AS, apakah Anda memilih saya atau tidak. Saya akan menjaga kepercayaan yang Anda sudah berikan," cuit Biden di Twitter.

Kemenangan Biden sejatinya sudah diperkirakan jauh-jauh hari. Berbagai jajak pendapat mengunggulkan eks wakil presiden pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama ini ketimbang Trump.

Tidak hanya itu, investor di pasar keuangan pun sudah memasukkan kemenangan Biden dalam kalkulasi. Istilahnya priced-in, sudah ketaker.

Satu hal yang membuat pelaku pasar lebih nyaman dengan Biden adalah ekspektasi bahwa pemerintah ke depan tidak akan 'aneh-aneh'. Kemungkinan besar tidak ada lagi perang dagang yang memanas antara AS dengan berbagai negara, terutama China.

Tidak ada lagi presiden yang terang-terangan 'menyerang' gubernur bank sentral. Tidak ada lagi cuitan-cuitan di Twitter yang menggemparkan tidak hanya dunia maya tetapi juga dunia nyata.

"Biden adalah kabar baik buat pasar. Kami sudah lelah dengan dampak yang muncul dari cuitan-cuitan Trump," tegas Christopher Stanton, Chief Investment Officer Sunrise Capital Partners, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Aset Berisiko Jadi Buruan Investor
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading