Long Weekend, Layanan BRI, Mandiri, BTN & BCA Tetap Buka

Market - Syahrizal Sidik & Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
28 October 2020 12:18
Layanan Interaktif Bank Mandiri 24 Jam Kini Hadir di Aplikasi Whatsapp. Dok. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki hari libur dan cuti bersama yang jatuh pada tanggal 28, 29 dan 30 Oktober 2020 ini, sejumlah perbankan Tanah Air melakukan penyesuaian waktu operasional layanan.

Ada bank yang tidak mengoperasionalkan seluruh kantor cabang saat libur panjang yang bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan kebijakan cuti bersama ini.

Namun ada juga beberapa bank baik milik negara maupun swasta yang memilih untuk menutup layanan tatap muka dan tetap memberikan layanan terbatas seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).


Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memilih menutup semua layanan tatap muka dan melayani melalui layanan digital saja.

Berikut layanan perbankan selama long weekend ini:

Bank Mandiri

Bank Mandiri masih tetap membuka operasional meskipun masih terbatas. Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan sebanyak 133 cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia bakal tetap membuka operasionalnya pada hari libur cuti bersama.

"Mengingat terbatasnya jumlah cabang dan layanan perbankan yang diberikan, kami terus menghimbau kepada nasabah untuk mengoptimalkan layanan digital banking perseroan dalam bertransaksi, seperti Mandiri Online, Mandiri SMS Banking, Mandiri ATM, Mandiri Cash Management dan Mandiri Internet Bisnis," kata Rully dalam keterangan pers, Selasa (27/10/2020).

Layanan nasabah yang masih akan diberikan dalam operasional terbatas ini seperti penerimaan setoran Modul Penerimaan Negara (MPN), setoran pembelian BBM/Non BBM serta layanan kas terbatas seperti setor/tarik tunai, penggantian buku tabungan, cetak mutasi rekening, pindah buku antar rekening Bank Mandiri dan pembukaan blokir.

Selain bisa melakukan transaksi secara elektronik, Bank Mandiri juga memiliki lebih dari 120.000 mandiri agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia.

Setidaknya ada empat kantor cabang (KC) yang tetap buka melayani nasabah selama long weekend ini. Keempatnya terbagi dalam waktu yang berbeda-beda.

Pertama, untuk 28 Oktober 2020 yang tetap melayani nasabah secara tatap muka adalah KC Jakarta Gambir dengan jam buka pukul 09.00-14.00 WIB.

Kedua, 29 Oktober 2020 yang tetap buka adalah KC Jakarta Cikini dan KC Bekasi Juanda dari pukul 09.00-14.00 WIB.

Ketiga, untuk 30 Oktober 2020 yang tetap buka memberikan layanan adalah KC Pondok Kelapa dari pukul 09.00-14.00 WIB.

Selain itu, Mandiri memastikan nasabahnya juga masih bisa menggunakan seluruh layanan digital yang sudah dimiki saat ini.

BRI

Bank Rakyat Indonesia memberikan layanan secara terbatas dan layanan weekend banking di titik tertentu pada periode long weekend ini.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI A. Solichin Lutfiyanto menjelaskan bahwa BRI tidak beroperasi melayani masyarakat umum seperti biasanya, namun akan memberikan layanan secara terbatas pada 30 - 31 Oktober khusus untuk penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non BBM dari SPBU / merchant di 123 kantor.

"Selain itu pada tanggal 30 Oktober BRI juga memberikan layanan terbatas cash pick up dan delivery service Pos Indonesia di 212 titik," imbuhnya.

Oleh karenanya, bagi nasabah BRI yang ingin mendapatkan kemudahan transaksi perbankan seperti tarik tunai, setor tunai dan transfer selama periode tersebut bisa memanfaatkan aplikasi BRIMO serta bertransaksi di e-channel BRI maupun AgenBRILink terdekat.

BTN

Bank Tabungan Negara memastikan semua layanan di bank cabangnya tidak beroperasi selama long weekend ini. Pembukaan layanan terbatas hanya akan diberikan untuk Pertamina saja.

Sedangkan layanan untuk perseroan tidak berlaku. Namun, BTN mengimbau bahwa masyarakat masih bisa menggunakan layanan digital perbankan BNI yang sudah ada saat ini.

BCA

Bank Central Asia mengumumkan selama cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober 2020, maka seluruh kantor cabang BCA tidak beroperasi. Layanan Weekend Banking pada 31 Oktober dan 1 November 2020 juga ditiadakan.

Namun untuk memenuhi kebutuhan, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menhimbau agar nasabahnya menggunakan layanan digital yang sudah disediakan.

"Libur cuti bersama kali ini menjadi kesempatan masyarakat Indonesia untuk menikmati libur panjang akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terkasih."

"Walaupun kantor cabang BCA tutup saat cuti bersama, BCA tetap hadir di sisi nasabah melalui beragam layanan digital yang saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih #BankingFromHome yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi saat #DiRumahAja. Selain memudahkan, digital banking BCA tentunya memberikan rasa nyaman dan aman bagi nasabah," ujar Jahja seperti dikutip, Rabu (28/10/2020).

BCA juga tetap melakukan layanan transaksi B2B Pertamina pada 30 Oktober 2020 pukul 09.00 - 14.00 di 10 kantor cabang, yakni KCU Matraman, KCU Galaxy, KCU Palembang, KCU Denpasar, KCU Malang, KCU Bandung, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, dan KCU Madiun.

"Sejalan dengan komitmen kami untuk Senantiasa di sisi anda, BCA terus bertransformasi menjadi institusi keuangan yang aware terhadap kebutuhan nasabah yang dinamis serta perkembangan digitalisasi yang semakin pesat. Selamat menikmati libur panjang. Tetap terapkan protokol kesehatan," tutup Jahja.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading