Newsletter

Hai Investor! Wall Street 'Kebakaran' Lho, IHSG Gimana?

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
27 October 2020 06:31
[DALAM] Rupiah Sentuh 30.000

Jakarta, CNBC Indonesia - Di hari pertama perpanjangan PSBB transisi DKI Jakarta, pasar keuangan domestik ditutup dengan kinerja yang positif. Aset-aset keuangan mulai dari saham, nilai tukar hingga obligasi pemerintah kompak menguat.

Ketika mayoritas bursa saham kawasan Asia terbenam di zona merah, indeks harga saham gabungan (IHSG) justru berhasil melenggang ke zona hijau di akhir sesi perdagangan.


Di sepanjang perdagangan, IHSG tak pernah terperosok ke zona merah. Dari awal sampai akhir, IHSG konsisten berada di zona apresiasi. IHSG pun ditutup naik 0,62% ke 5.144.

Asing pun terlihat mulai masuk ke aset ekuitas dalam negeri. Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi beli bersih sebanyak Rp 175 miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 7,1 triliun.

Adanya aliran modal masuk (inflow) ke aset keuangan terutama saham juga membantu membuat nilai tukar rupiah menguat melawan dolar AS. Di arena pasar spot US$ 1 dibanderol Rp 14.630 atau menguat 0,14%. 

Sementara jika mengacu pada kurs referensi Bank Indonesia (BI) yaitu Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) rupiah dipatok Rp 14.697/US$ menguat dibanding posisi akhir pekan lalu di Rp 14.738/US$. 

Beralih ke pasar obligasi pemerintah RI, harga surat berharga negara (SBN) RI tenor 10 tahun mengalami penguatan. Hal ini tercermin dari penurunan imbal hasil (yield) aset tersebut sebesar 1,8 basis poin ke level 6,611% pada hari ini.

Sehari sebelum perdagangan dibuka tepatnya di hari Minggu (25/10/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengumumkan bahwa PSBB di ibu kota akan diperpanjang sampai dua pekan ke depan terhitung per kemarin (26/10/2020).

Bahkan Anies mengatakan jika terjadi lonjakan kasus infeksi yang mengkhawatirkan di libur panjang pekan ini yang akan dimulai hari Rabu nanti, pihaknya tak segan untuk mengambil kebijakan rem darurat. 

Perdagangan minggu ini memang sangat singkat, hanya berlangsung dua hari saja. Pemerintah telah menetapkan hari Rabu dan Jumat sebagai tanggal cuti bersama dan pada Kamis merupakan hari libur memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. 

Wall Street Tumbang Karena Covid-19 & Stimulus Tak Kunjung Datang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading