Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Ini Ciptakan Antibodi di Lansia

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 October 2020 15:31
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC Indonesia - VaksinĀ Covid-19 yang dikembangkan oleh Universitas of Oxford dan AstraZeneca berhasil membentuk kekebalan tubuh pada lansia atau lanjut usia, kelompok yang berisiko tinggi.

Ini adalah hasil uji tahap awal yang dilaporkan oleh Financial Times dengan mengutip dua orang sumber yang tak ingin disebutkan namanya, seperti dilansir dari Reuters, Senin (26/10/2020).

Menurut kedua sumber tersebut, vaksin itu memicu antibodi dan cell-T pada kelompok usia tua. Hasil ini masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan vaksin Covid-19 tersebut efektif dan aman bagi paa lansia.


Financial Times mengungkapkan rincian penelitian ini diharapkan segera dipublikasikan di jurnal kesehatan, tanpa menyebutkan nama jurnal tempat publikasinya.

Hasil penelitian ini sejalan dengan publikasi pada Juli lalu di mana vaksin AstraZeneca mendorong respons kekebalan tubuh pada grup orang dewasa berusia 18-55 tahun.

AstraZeneca dan Oxford mengembangkan vaksin bernama AZD1222 atau ChAdOx1 nCoV-19. Vaksin ini sedang melakukan uji klinis tahap akhir di Brasil, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.

Vaksin ini menggunakan vektor virus yaang dilemahkan dari virus flus biasa simpanse yang mengkodekan instruksi untuk membuat protein dari novel coronavirus untuk membangun kekebalan terhadap COVID-19.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading