49 Negara Sudah Resesi, Tambah Indonesia Jadi 50 Deh..

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 October 2020 12:32
Banyaknya ruko yang buka dilantai Dasar Blok B9 menjadi tandanya ramai jual beli para pedagang, ketika menelusuri lebih dalam lagi hanya beberapa pembeli saja yang keluar masuk mall Thamrin City, Jakarta Pusat. Diakuinya, sebagai pedagang grosir pakain dewasa, Andri tidak bisa meraup keuntungan yang besar seperti tahun-tahun sebelumnya. “Keuntungan yang kami peroleh paling cuma 5%. Beda dengan keuntungannya dengan tahun sebelumnya deh,” katanya.

Kelesuan penjual pakain jadi ini juga di alami Iwan (40 tahun). Pemilik Toko Nadira, Blok C3 Lantai 3 Thamrin City ini menyatakan omset tokonya mengalami penurunan yang tajam pada tahun ini.

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali mengemukakan proyeksi ekonomi Indonesia. Proyeksi yang kian menegaskan bahwa Indonesia sudah masuk jurang resesi.

Pada kuartal III-2020, pemerintah melalui Kementerian Keuangan memperkirakan PDB Tanah Air tumbuh negatif 1-2,9%. Hampir seluruh komponen pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami kontraksi alias pertumbuhan negatif.

"(Pada kuartal III-2020) konsumsi rumah tangga akan di antara minus 1,5-3%. Investasi juga masih mengalami tekanan antara minus 6,4-8,5%. Ekspor masih dalam range minus 8,7-13,9%. Impor juga masih mengalami tekanan. Secara keseluruhan untuk 2020 adalah antara minus 0,6-1,7%," ungkap Sri Mulyani.


growthKementerian Keuangan

Indonesia sudah membukukan kontraksi ekonomi 5,32% pada kuartal II-2020. Data kuartal III-2020 baru diumumkan awal bulan depan, tetapi proyeksi Sri Mulyani menggambarkan kontraksi ekonomi mustahil untuk dihindari.

Dengan demikian, Indonesia akan membukukan kontraksi PDB dalam dua kuartal beruntun. Ini adalah definisi dari resesi ekonomi.

Namun Indonesia tidak sendiri. Berdasarkan data yang dihimpun Trading Economics, ada 49 negara yang juga mengalami resesi.

Paling parah terjadi di Makau. Wilayah otonom yang merupakan bagian dari China itu mencatatkan kontraksi ekonomi sampai puluhan persen.

Semua Mengalami Masalah Serupa: Corona
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading