RI di Ambang Resesi Tapi APBN Mampet, Pantas Jokowi Kecewa!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
09 July 2020 12:12
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, (7/7/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Kris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menumpahkan keluh-kesah. Kepala Negara masih menyoroti soal lambannya penyerapan belanja negara, yang bisa berujung kepada pelambatan ekonomi bahkan resesi.

"Kita tahu semuanya bahwa dunia sedang krisis. Krisis kesehatan, krisis ekonomi, 215 negara mengalami hal yang sama, termasuk kita. Sekali lagi, percepat belanja," tegas Jokowi dalam sidang kabinet, Selasa pekan ini.


Wajar Jokowi gundah. Sebab belanja pemerintah mungkin adalah satu-satunya harapan agar ekonomi bisa tumbuh dan Indonesia terhindar dari resesi.

Konsumsi rumah tangga, motor utama penggerak pertumbuhan ekonomi, masih sulit diharapkan. Mengutip hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode Juni 2020 berada di 83,8. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 77,8.

Oke, memang ada perbaikan IKK yang menunjukkan bahwa rumah tangga lebih optimistis dalam menghadapi perekonomian saat ini hingga enam bulan ke depan. Namun jangan lupa bahwa IKK menggunakan angka 11 sebagai titik start. Kalau masih di bawah 100, berarti konsumen masih pesimistis.

IKK terbagi menjadi dua sub-indeks, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK). Ternyata yang masih bermasalah adalah IKE, yang pada Juni nilainya 45,8. Turun dibandingkan Mei yang sebesar 50,7.

Kemudian IKE dibagi lagi menjadi tiga sub-indeks yaitu Indeks Penghasilan Saat Ini, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama. Dari tiga sub-indeks ini, yang disebut terakhir mengalami penurunan paling tajam.

Artinya, daya beli konsumen masih tertekan. Saat ini yang menjadi prioritas adalah kebutuhan pokok, kebutuhan primer, urusan perut. Belum terpikir untuk membeli barang-barang tahan lama yang merupakan kebutuhan sekunder, bahkan tersier.

KONSUMSI JADI ANDALAN >> HALAMAN SELANJUTNYA

Konsumsi Pemerintah Jadi Andalan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading