Sampai Kapan Ekonomi RI Bakal Suram? Ini Ramalan Bank Mandiri

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 September 2020 18:50
Gedung Bank Mandiri

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim ekonom PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyebutkan perekonomian dalam negeri baru akan mengalami masa pemulihan pada 2021 mendatang, namun belum akan membaik seperti masa sebelum Covid-19.

Pertumbuhan ekonomi pada kuartal empat diramal berada pada posisi -3% hingga 0% sebelumnya akhirnya kembali menanjak menuju posisi 2,54% di kuartal pertama 2021.

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan untuk mempercepat proses pemulihan perekonomian ditunjang oleh sejumlah hal mulai dari ditemukannya vaksin dan kembali tumbuhnya kepercayaan diri di berbagai industri.


Pemulihan ekonomi ini juga harus didukung dengan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang rendah, di mana pada saat ini BI 7-Day Repo Rate (7DRR) berada pada posisi 4% yang diperkirakan masih bisa mengalami penurunan sejalan dengan posisi bank sentral Amerika Serikat, The Fed, yang juga akan mempertahankan suku bunga rendah hingga 2023 mendatang.

"Kalau kita lihat ke depan ketika ada tanda-tanda recovery cepat, tantangan berikutnya beralihnya kebijakan moneter dan fiskal dunia," kata Andry dalam paparan secara virtual, Kamis (24/9/2020).

Dia menilai, dalam kondisi saat ini perekonomian Indonesia sudah relatif membaik dengan telah dibukanya kembali perekonomian sejak Juni.

Dia juga mengungkapkan angka-angka sektor ritel sudah melewati level terendahnya di bulan April dan Mei dan ditunjang dengan dilakukannya realisasi stimulus keuangan seperti bantuan sosial dari pemerintah.

"Ini yang harus kita jaga, karena kalau tidak akan kembali PSBB [pembatasan sosial berskala besar] dan pukul kembali perekonomian di kuartal ketiga dan kuartal keempat," lanjutnya.

Andry menilai, kebijakan cash transfer yang diberikan pemerintah memberikan multiplier efek terhadap pertumbuhan ekonomi.

Bahkan, kata dia, jika Omnibus Law yang saat ini dirampungkan dapat selesai maka dapat menjadi booster ekonomi yang lebih cepat karena mendorong masuknya investasi ke dalam negeri.

Sejumlah Data Ritel Membaik...
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading