LRT Jabodebek

KAI Dapat Kredit Lagi Rp 4,2 T, Total Utang Tembus Rp 23 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 September 2020 18:00
Foto aerial suasana Stasiun LRT, Light Rapid Transit di kawasan Cibubur, Jakarta, Rabu (12/8/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mendapatkan tambahan kredit sindikasi senilai Rp 4,2 triliun untuk pembiayaan pembangunan depo dan stasiun Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Dengan demikian, total pinjaman yang didapat oleh KAI untuk penyelesaian proyek ini mencapai Rp 23,45 triliun.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan pinjaman ini akan digunakan untuk merampungkan proyek LRT yang ditargetkan beroperasi pada 2022 nanti.


"Diharapkan dengan adanya transportasi massal yang dapat diandalkan, dapat semakin meningkatkan mobilitas masyarakat dalam beraktivitas sehingga mempercepat pemulihan ekonomi nasional nantinya," kata Didiek dalam siaran persnya, Jumat (18/9/2020).

Adapun pinjaman ini merupakan sindikasi dari 15 bank mulai dari Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara), Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank Swasta Nasional dan Bank Swasta Asing.

Bank-bank tersebut yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Berikutnya ada PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), PT Bank DKI, MUFG, PT Bank KEB Hana Indonesia, PT Shinhan Bank Indonesia, PT Bank Sumut, PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Bank Permata Tbk (BNLI), PT Bank BJB Tbk (BJBR), dan PT Bank Papua.

Pinjaman ini merupakan tambahan atas pinjaman sebelumnya pada 2017 lalu yang senilai Rp 18,10 triliun untuk kredit investasi dan Rp 1,15 triliun untuk modal kerja.

Dengan adanya dana ini diharapkan penyelesaian depo dan stasiun proyek LRT Jabodebek dapat segera terealisasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Saat beroperasi nanti, KAI menyediakan 18 Stasiun pemberhentian LRT Jabodebek. Setiap rangkaian LRT Jabodebek terdiri dari 6 kereta yang dapat dioperasikan tanpa masinis.

LRT Jabodebek diperkirakan akan mampu menampung 116.000 pengguna per saat telah beroperasi nanti. Jumlah penumpang ini diperkirakan terus meningkat hingga 474.00 pengguna per hari pada tahun 2071.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading