Meroket 200% Lebih, 2 Saham Keluarga Tandiono Disuspensi Lagi

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
17 September 2020 10:22
Trinitan/Sumber: Istimewa Foto: Trinitan/Sumber: Istimewa

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham dua emiten mulai Kamis ini (17/9/2020). Keduanya yakni PT Trinitan Metals And Minerals Tbk (PURE) dan Waran Seri I Pure (PURE-W), serta PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY).

Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham PURE, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham PURE di Pasar Reguler dan Pasar Tunai dan Waran Seri I PURE-W di Seluruh Pasar mulai sesi I perdagangan tanggal 17 September 2020 sampai dengan pengumuman bursa lebih lanjut," tulis pengumuman BEI, Kamis (17/9).

Sebab itu, Bursa menghimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan.


Alasan yang sama juga disematkan untuk suspensi saham JSKY.

"Penghentian sementara perdagangan saham JSKY tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham JSKY."

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan," tulis BEI.

Saham PURE dan Warannya sempat disuspensi pada 15 September lalu, kemudian dibuka pada 16 September dan hari ini kembali disuspensi.

Adapun pada hari ini, BEI juga membuka suspensi perdagangan saham PT Pollux Properti Indonesia Tbk. (POLL) di Pasar Reguler dan Pasar Tunai mulai perdagangan sesi I 17 September 2020.

Mengacu data BEI, saham PURE diperdagangkan terakhir pada level Rp 302/saham. Dalam sepekan terakhir saham PURE melesat 41,12% dan sebulan terakhir melesat 162,61%. Bahkan dalam 3 bulan terakhir saham PURE meroket 218%.

PURE yang berbisnis pengolah logam dan bahan mineral, tercatat di papan perdagangan BEI pada 9 Oktober 2019 dengan harga penawaran perdana Rp 300/saham.

Adapun saham JSKY terakhir diperdagangkan di level Rp 244/saham sebelum suspensi. Sepekan, saham JSKY melesat 65,99% dan sebulan terakhir naik hingga 216,88%. Dalam 3 bulan terakhir sahamnya juga meroket 187%.

JSKY merupakan perusahaan energi milik keluarga Tandiono, bersama dengan PURE. Perusahaan ini tercatat di bursa pada 28 Maret 2018 dengan menawarkan saham di pasar perdana senilai Rp 400/saham.

Sementara itu, saham POLL saat dibuka pagi ini langsung melesat 9,89% di level Rp 10.000/saham dengan kapitalisasi pasar Rp 83,19 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading