Saham Meroket 206%, Siapa Keluarga Tandiono Pemilik PURE?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
16 September 2020 10:42
Trinitan/Sumber: Istimewa

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Trinitan Metal and Minerals Tbk (PURE) kembali menjadi perhatian pagi ini, Rabu (16/9/2020). Saham PURE langsung melesat lebih dari 13% setelah suspensi sahamnya dibuka oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Saham PURE pun melanjutkan reli panjang yang terjadi dalam sebulan terakhir.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), hingga pukul 09.30 WIB, harga saham PURE tercatat menguat 13,49% ke level Rp 286/saham. SNilai transaksi mencapai Rp 29,11 miliar dari volume transaksi 104,06 juta saham.

Hebatnya, dalam sebulan terakhir harga saham PURE tercatat melesat 154,87%. Jika dihitung dalam tiga bulan sudah naik 206,38%. Saham PURE pada perdagangan Selasa kemarin disuspensi oleh BEI dalam rangka cooling down karena peningkatan harga sahamnya signifikan.


PURE merupakan perusahaan pengolah logam dan bahan mineral (smelter). Perusahaan ini baru berdiri pada 2009 berlokasi di Parung Tanjung, Bogor, Jawa Barat.

Trinitan merupakan salah satu pionir dalam pemanfaatan teknologi hidrometalurgi di Indonesia. Teknologi hidrometalurgi mampu melakukan proses pemurnian berlapis, sehingga menghasilkan limbah padat yang sangat minim, penggunaan air dan energi yang minimal serta menjaga proses manufaktur yang efisien dan bebas dari polusi.

Situs resminya mencatat, kegiatan usaha utama PURE adalah memproduksi timbal (bahan baku baterai industri dan kendaraan bermotor, bahan pelapis kawat dan solder untuk elektronik), dan perak (bahan baku produk elektronik seperti kamera dan CPU, juga dapat digunakan untuk koin, perhiasan hingga aksesoris).

Selain itu perusahaan juga memproduksi antimoni (bahan tahan api, cat, keramik, elektronik dan karet, campuran antigores, polystyrene, PVC, plastik dan karet).

PURE mencatatkan saham di BEI pada 9 Oktober 2019, atau 10 tahun setelah berdiri. Tentu bukan perusahaan biasa dan pasti juga dimiliki oleh orang bukan biasa-biasa saja.

Nah, siapa sebenarnya pemilik Trinitan Metals and Minerals?

Dalam website perseroan, pemegang saham mayoritas tercatat atas nama PT Trinitan Recourcetama Indonesia yang menguasai 74,24% saham.

Artinya PURE merupakan bagian dari kelompok usaha atau Grup Trinitan yang dimiliki Keluarga Tandiono. Tidak banyak yang tahu kiprah bisnis keluarga Tandiono, tapi bisnis keluarga ini sudah menggurita ke mana-mana.

Ferry Joedianto Robertus Tandiono merupakan salah tokoh penting di Grup Trinitan. Dia adalah pendiri perusahaan pembuat aki PT Nipress Tbk (NIPS) dengan merek NS.

Pemegang saham mayoritas NIPS tercatat atas nama PT Trinitan International yang menguasai 25,98%. Artinya PURE merupakan perusahaan terafiliasi dengan Nipress.

Selain dengan Nipress, PURE juga terafiliasi dengan PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY). Sky Energy dimiliki oleh perusahaan Grup Trinitan lainnya, yaitu PT Trinitan Global Pasifik dengan total kepemilikan 10,15% dan anak Ferry Tandiono, Jackson Tandiono tercatat sebagai komisaris utama di perusahaan ini.

Nama Jakson Tandiono saat ini tercatat sebagai Direktur Utama NIPS. Jakson juga tercatat sebagai pemegang saham PURE dengan kepemilikan 0,22%.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading