Gerak Liar & Meroket 160%, Saham Trinitan Metals Disuspen BEI

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
15 September 2020 16:18
Ilutrasi Bursa. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham PT Trinitan Metals and Minerals Tbk. (PURE), dalam rangka cooling down sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

Selain saham, suspensi juga berlaku bagi Waran Seri I PT Trinitan Metals And Minerals Tbk. (PURE-W), mulai perdagangan Selasa ini (15/9/2020) sampai waktu yang belum ditentukan.

"Penghentian sementara perdagangan saham dan waran tersebut dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasi di saham dan waran PURE," tulis manajemen BEI, dalam pengumumannya, dikutip Selasa (15/9).


BEI menyatakan para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan.

Mengacu data BEI, saham PURE terakhir diperdagangkan di level Rp 252/saham dengan kapitalisasi pasar Rp 336 miliar. Dalam sepekan terakhir, saham PURE naik 11,50% dan sebulan terakhir perdagangan akumulatif sahamnya meroket 123,01%.

Bahkan dalam 3 bulan terakhir, saham PURE melesat 160%, kendati secara tahun berjalan atau year to date sahamnya minus 6,67%.

PURE yang berbisnis pengolah logam dan bahan mineral, tercatat di papan perdagangan BEI pada 9 Oktober 2019 dengan harga penawaran perdana Rp 300/saham. 

Manajemen perseroan, dalam keterbukaan informasi, menjelaskan bahwa perseroan juga terdampak Covid-19 sehingga, untuk menjaga kelangsungan usaha, PURE mengajukan relaksasi bunga dan cicilan utang ke pihak bank serta mengajukan penurunan bunga disesuaikan dengan kemampuan Trinitan. Perseroan juga menunda pembayaran suku bunga (defered).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading