Dapat Restu First Pacific, Salim Siap Caplok Pinehill Rp 42 T

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
17 July 2020 15:02
Anthoni Salim

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana akuisisi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) atas saham Pinehill Company Limited (PCL) yang dimiliki oleh Pinehill Corpora senilai US$ 2,99 miliar atau setara Rp 41,56 triliun (asumsi kurs Rp 13.901/US$) tinggal selangkah lagi setelah perseroan mendapatkan restu dari First Pacific Company Limited.

Pemegang saham terbesar ICBP adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), sementara First Pacific adalah entitas terakhir pemegang saham dari ICBP.

Dalam pengumuman di situs resminya, manajemen First Pacific mengungkapkan hasil pertemuan pemegang saham dalam forum Special General Meeting (SGM) yang digelar di Jasmine hingga Stork Room, Lantai 1, Mandarin Oriental Hong Kong, di 5 Connaught Road Central, Hong Kong pada pukul 10:00 tadi pagi, Jumat, 17 Juli 2020.


Hasilnya, ICBP yang dikendalikan taipan Indonesia, Anthoni Salim secara tipis memenangkan dukungan pemegang saham untuk transaksi pengambilalihan hampir US$ 3 miliar antara perusahaan yang dia kontrol. Ini sekaligus menghempaskan kritik yang mengemuka sepekan terakhir soal harga Pinehill yang dianggap kemahalan dan tata kelola perusahaan.

"Lebih dari 50% suara mendukung resolusi, resolusi [rencana akuisisi] ini dianggap sebagai resolusi biasa," kata Nancy L.M. Li, Sekretaris Perusahaan First Pacific, dalam keterangan resmi, dilansir di situs resmi First Pacific, Jumat (17/7/2020).

Dia menjelaskan, dalam SGM yang digelar tadi pagi, jumlah saham yang diterbitkan First Pacific adalah sebanyak 4.344.931.044 saham. Salim dan rekan-rekannya, termasuk Salerni International Limited, First Pacific Investments Limited dan First Pacific Investments (BVI) Limited, memiliki 1.925.474.957 saham perusahaan secara agregat.

Jumlah saham itu mewakili sekitar 44,3% dari saham yang dikeluarkan perusahaan pada saat tanggal penyelenggaraan SGM, telah abstain dari pemungutan suara di SGM dengan agenda persetujuan usulan akuisisi Pinehill yang diusulkan di SGM.

"Dengan demikian, jumlah total saham yang diterbitkan yang bisa memberikan hak kepada pemegang saham independen untuk menghadiri dan memberikan suara atau menolak resolusi yang diusulkan pada SGM adalah 2.419.456.087 (mewakili sekitar 55,7% dari saham yang dikeluarkan Perusahaan pada tanggal SGM," tulis Nancy.

Sebagai tambahan informasi, First Pacific Co Ltd, perusahaan induk Salim, dilansir Reuters, mengatakan dalam pengajuan ke Bursa Hong Kong bahwa pengambilalihan oleh anak perusahaannya Indofood CBP atas Pinehill telah disetujui oleh pemegang saham independen pada pertemuan khusus SGM, di mana 52% suara dipilih memberikan dukungan.

ICBP terkenal karena merek mie Indomie dan Pinehill adalah salah satu distributor dan produsen Indomie, di Timur Tengah dan Afrika.

Salim, orang terkaya keenam di Indonesia dengan kekayaan bersih US$ 5,5 miliar menurut Forbes, memiliki 51% saham Pinehill dan juga memegang 44,3% saham First Pacific, menurut arsip perusahaan. Laporan tahunan ICBP 2019 mengatakan Salim mengendalikan First Pacific.

Transaksi akuisisi Pinehill oleh ICBP ini memang memerlukan mayoritas suara pada pertemuan SGM Jumat ini untuk disetujui, dan tinggal menunggu persetujuan pemegang saham ICBP untuk melanjutkan transaksi dan restu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pinehill Arabia Food LtdFoto: Pinehill Arabia Food Ltd
Pinehill Arabia Food Ltd

Sebelumnya beberapa pemegang saham First Pacific mengemukakan kekhawatiran tentang harga akuisisi senilai US$ 3 miliar yang dibayar ICBP untuk Pinehill, mereka menilai valuasi itu terlalu tinggi.

RUPSLB ICBP, yang dijadwalkan pada 15 Juli, ditunda karena regulator keuangan Indonesia, OJK, meminta tambahan informasi dari ICBP atas transaksi ini.

RUPSLB sedianya digelar pada Rabu ditunda dengan agenda selanjutnya yang akan segera diumumkan perusahaan.

"Bersama ini kami memberitahukan bahwa RUPSLB perseroan yang semua akan dilaksanakan pada Rabu ini ditunda mengingat perseroan masih mendapatkan tambahan permintaan penjelasan terkait dengan rencana transaksi akuisisi seluruh saham Pinehill Company Limited dari OJK," jelas Gideon A Putro, Sekretaris Perusahaan ICBP, dalam keterbukaan informasi di BEI, Rabu ini (15/7).

Perusahaan yang memproduksi mi instan dengan merek dagang Indomie ini berencana melaksanakan dua kali transaksi pembelian saham, mengacu prospektus yang disampaikan ICBP pada Senin, 8 Juni 2020.

Pertama, pembelian saham Pinehill Corpora, yaitu sebanyak 70.828.180 saham yang merupakan 51% dari total saham yang telah diterbitkan Pinehill Company dengan harga sebesar US$ 1,52 miliar.

Selanjutnya, pembelian seluruh saham Pinehill Company Limited yang dimiliki oleh Steele Lake, yaitu sebanyak 68.050.408 saham atau 49% dari total saham yang telah diterbitkan oleh Pinehill Company.

Nilai transaksi ini mencapai Rp US$ 1,46 miliar. Pinehill Corpora masih terafiliasi dengan ICBP karena merupakan konsorsium di mana Anthoni Salim memiliki penyertaan secara tidak langsung sekitar sebesar 49% saham Pinehill Corpora.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penjualan Tembus Rp 42 T, Laba ICBP Capai Rp 5 T di 2019


(tas/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading