Roundup

Bank Mayapada Bakal Dicaplok Taiwan, Ada MTN Gagal Bayar

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
14 July 2020 09:05
Dato Sri Tahir

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan Senin (13/7/20) ditutup dengan apresiasi sebesar 0,66% di level 5.064,44.

Data perdagangan mencatat, investor asing kembali melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 101,80 miliar di pasar reguler dengan nilai transaksi menyentuh Rp 6,2 triliun.

Penguatan indeks mendapat hawa dari Amerika Serikat terkait dengan perkembangan terbaru obat virus corona yang diproduksi oleh Gilead Sciences.


Gilead pada hari Jumat lalu mengumumkan data terbaru hasil obat virus corona, remdesivir, mampu menurunkan risiko kematian pasien Covid-19 hingga 62% jika dibandingkan dengan pengobatan standar.

Gilead mengatakan menganalisa data dari 312 pasien dalam uji klinis fase tiga, dibandingkan dengan 818 pasien dengan karakteristik dan tingkat keparahan penyakit yang sama, tetapi menggunakan pengobatan standar. Meski demikian, Gilead mengatakan masih perlu lebih banyak penelitian untuk obat remdesivir yang dibuat.

Selain kabar tersebut, simak juga peristiwa emiten yang terjadi sepanjang perdagangan Senin kemarin.

1. Ada Peluang Relaksasi Kredit Bank Diperpanjang 1 Tahun

Pelaku industri perbankan mengharapkan penerapan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 11 tahun 2020 bisa diperpanjang menjadi satu tahun lagi. Sebab penerapan kebijakan ini dinilai sangat membantu perbankan dan sektor riil untuk kembali bangkit di tengah pandemi ini.

Ketua Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) Sunarso mengatakan permintaan tersebut disampaikan asosiasi dalam pertemuan OJK dengan 15 bank besar dan berbagai asosiasi perbankan.

2. PGN Komitmen Pasok Gas untuk Pembangkit Listrik PLN

Sebagai langkah lebih lanjut mengenai penugasan dari PT Pertamina untuk melaksanakan penugasan Kepmen ESDM 13/ 2020 mulai dari penyediaan pasokan LNG hingga pelaksanaan pembangunan infrastruktur LNG untuk pembangkit listrik, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan melaksanakan penugasan tersebut melalui pembangunan clusterisasi infrastruktur LNG.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Syahrial Mukhtar mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur LNG terbagi menjadi tiga area yaitu Area Barat, Area Tengah, dan Area Timur.

3. Sebelumnya Tak Kuorum, BUMI Segera Gelar RUPS Tahunan

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menyatakan akan segera mengumumkan tanggal Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan RUPS Luar Biasa (RUPSLB) kedua dengan kuorum yang direvisi. Hal ini dilakukan sesuai dengan POJK no 15/2020, setelah RUPS dan RUPSLB tidak dapat dilakukan karena tidak memenuhi kuorum.

Sekretaris Perusahaan dan Direktur BUMI Dileep Srivastava mengatakan rapat dihadiri oleh 47,081% dari saham dan hak suara sah, sehingga aturan kuorum kehadiran yakni 50% ditambah 1 pun tidak terpenuhi.

4. Perusahaan Milik Eks Dirut Wika Mau IPO, Incar Dana Rp 2 T

Perusahaan pangan dan properti, PT Widodo Makmur Perkasa berencana untuk melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di tahun depan. Dari aksi korporasi ini perusahaan akan melepas 35% saham dan menargetkan dapat memperoleh dana segar senilai Rp 2 triliun.

Founder Widodo Makmur Perkasa Tumiyana, yang sebelumnya merupakan direktur utama di PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mengatakan dengan dana dari aksi korporasi ini perusahaan akan melakukan pengembangan tempat pembiakan (breeding) ternak dan rumah potong ayam.

5. Terancam Pailit, Saham Cowell Development Disuspensi Bursa

Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan (suspensi) efek PT Cowell Development Tbk. (COWL) di seluruh pasar sejak sesi II perdagangan Senin (13/7/2020) hingga pengumuman Bursa lebih lanjut.

"Sehubungan dengan pemberitaan media pada tanggal 13 Juli 2020 terkait dengan permohonan pernyataan pailit keuangan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang [PKPU] terhadap Cowell Development di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, serta dengan mempertimbangkan kondisi perseroan, maka Bursa memutuskan untuk melakukan penghentian sementara perdagangan efek COWL," tulis pengumuman BEI, Senin (13/7/2020).

6. Ada MTN Tunda Pembayaran, Bowsprit Gelar RPUP

PT Bowsprit Asset Management bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Unit Penyertaan (RPUP) Dana Investasi Infrastruktur (Dinfra) Bowsprit Integrated Infrastructure 1.

Pelaksanaan RPUP ini dilakukan karena adanya penundaan pembayaran atas bunga dari aset dasar (underlying) produk tersebut.

Dalam agenda rapat yang disampaikan perusahaan dan dipublikasikan di media massa ini, dalam RPUP yang diagendakan, akan dibahas dua agenda yakni penjelasan sasaran dinfra dan pemberi jaminan terkait kronologis atas penundaan pembayaran bunga surat utang jangka menengah atau medium term notes (MTN) serta penyampaian rencana restrukturisasi perjanjian penerbitan MTN.

7. Crazy Rich Tahir Buka-bukaan soal Cathay Suntik Bank Mayapada

Crazy rich pemilik Grup Mayapada, Dato' Sri Tahir, buka suara terkait dengan kabar yang menyebutkan rencana salah satu pemegang saham Cathay Life Insurance Co Ltd asal Taiwan yang menambah kepemilikan di PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA). Tahir menegaskan penambahan modal tersebut bukan dalam rangka pengambilalihan.

"Memperkuat permodalan. Bukan ambil alih, belum ada pembicaraan," kata Tahir kepada CNBC Indonesia, Senin (13/7/2020).

Tahir belum bisa menyebutkan berapa nilai yang akan disuntikkan Cathay ke Bank Mayapada. "Belum tahu, belum ada pembicaraan," tambah Tahir.

8. Merril Lynch Hengkang, Bursa Siap Lelang Kursi Sahamnya

Bursa Efek Indonesia (BEI) siap melakukan lelang kursi anggota bursa (AB) milik perusahaan sekuritas yang hengkang dari bursa Tanah Air yakni PT Merrill Lynch Sekuritas Indonesia (MLSI). Lelang kursi AB ini untuk menjadi pemegang saham BEI yang ditinggalkan Merrill Lynch.

AB merupakan perusahaan efek yang telah memiliki izin usaha sebagai Perantara Pedagang Efek dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memperoleh persetujuan keanggotaan bursa (menjadi pemegang saham BEI).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading