Kasus Corona RI Cetak Rekor (Lagi), Waspadai Dua Hal Ini

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 June 2020 06:15
Food vendors make their way past a mural amid the coronavirus outbreak in Jakarta, Indonesia, Monday, June 8, 2020. Indonesia's capital partly reopened on Monday after two months of lockdown, as the world's fourth most populous nation gradually reopens its economy. (AP Photo/Dita Alangkara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penambahan pasien positif virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) di Indonesia dalam dua hari terakhir selalu mencetak rekor. Apabila situasi tidak segera membaik, maka masalah akan melebar ke sektor ekonomi dan keuangan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan jumlah pasien positif corona per Rabu (10/6/2020) adalah 34.316 orang. Bertambah 1.241 orang dibandingkan posisi hari sebelumnya, sekaligus menjadi rekor tertinggi penambahan kasus harian sejak Indonesia mencatat pasien pertama pada awal Maret.


Rekor sebelumnya terjadi pada Selasa. Jadi dalam dua hari beruntun penambahan kasus baru selalu mencatatkan rekor tertinggi.

Kurva kasus corona di Indonesia belum bisa dibilang melandai. Malah yang terjadi adalah kecenderungan melengkung ke atas.

Dari sisi persentase laju pertumbuhan kasus harian, Indonesia juga belum stabil. Masih fluktuatif, naik-turun. Belum terlihat ada pola penurunan yang ajeg.

Pada 10 Juni, jumlah pasien baru naik 3,75% dibandingkan hari sebelumnya. Ini menjadi kenaikan harian tertinggi sejak 23 Mei. Bahkan dalam empat hari terakhir, laju pertumbuhan kasus terus meningkat dari 2,2%, 2,72%, 3,26%, dan 3,75%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberi pesan bahwa Indonesia masih perlu waspada. Kepala Negara menegaskan jangan sampai Indonesia mengalami gelombang serangan kedua (second wave outbreak) dari virus corona.

"Jangan sampai terjadi second wave, jangan sampai terjadi lonjakan. Ini yang ingin saya ingatkan kepada kita semua," tutur Jokowi.

Indonesia Dinilai Masuk Zona Bahaya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading