CAD RI Berkurang, Tapi Bukan Berarti Bisa Tenang!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 May 2020 11:40
Ilustrasi Dollar Rupiah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melaporkan data Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) periode kuartal I-2020. Data ini bisa dilihat dari dua kacamata, bisa positif tetapi bisa juga negatif. Tergantung dari mana kita mau melihatnya.

Secara garis besar, NPI pada kuartal I-2020 membukukan defisit US$ 8,5 miliar. Ini adalah hasil dari defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) US$ 3,9 miliar serta defisit transaksi modal dan finansial US$ 2,9 miliar.


Kabar baiknya, defisit transaksi berjalan semakin membaik. Defisit US$ 3,9 miliar setara dengan 1,4% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Ini adalah catatan terendah sejak 2017.




Artinya, pasokan devisa di perekonomian nasional semakin membaik. Ini menjadi modal bagi rupiah untuk melanjutkan penguatan.

Hari ini, rupiah bergerak agak labil. Dibuka stagnan, rupiah kemudian bergerak di 'dua alam' yaitu merah dan hijau.

Namun setelah Maret yang 'ugal-ugalan', rupiah cenderung menguat. Sejak akhir Maret, penguatan rupiah mencapai 9,45%. Luar biasa...




Dengan bekal perbaikan transaksi berjalan, fundamental rupiah semakin kuat. Rupiah punya bekal untuk melanjutkan penguatan.

CAD Membaik, Tanda Ekonomi yang Tercabik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading