Efek Covid-19

Mau Lebaran! Matahari Buka 10 Gerai, Ramayana Buka 105 Toko

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 May 2020 16:56
Karyawan mengangkat papan Bazar Matahari di Kawasan Mall Blok M, Jakarta, Selasa, 24/3. Patuhi social distancing, sejumlah tenant di mal Jakarta tutup sementara. sebagai salah satu upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus corona tipe baru. Penutupan sementara berlangsung mulai Senin kemarin. Salah satu tenant Bazar Matahari ini mulai berkemas-kemas untuk menaruh barangnya di gudang. Pantauan CNBC Indonesia lokasi tenant yang berada di lantai 1 Mall Blok M ini tadinya menjajakan dagangannya seperti pakaian dan sepatu yang dijual secara diskon. Karyawan penjaga Bazar Matahari yang tidak mau disebutkan namanya

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten ritel berupaya bertahan dengan membuka gerainya di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejumlah pemerintah daerah guna mencegah penularan pandemi Covid-19. Alasan menjual kebutuhan masyarakat dan menghindari PHK massal menjadi tumpuan.

Beberapa ritel tersebut antara lain, emiten ritel Grup Lippo, PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) yang mulai membuka sejumlah gerai di seluruh Indonesia meski pembatasan sosial belum dilonggarkan secara penuh.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) dan menyediakan kebutuhan untuk masyarakat menjelang Idul Fitri.

Wakil Komisaris Matahari Departemen Store, Roy N Mandey mengatakan, pembukaan gerai tersebut sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak melanggar ketentuan PSBB yang diberlakukan di sejumlah kota dan kabupaten.


"Ada beberapa yang sudah buka [gerai Matahari]. Ini sebagai respons agar produktivitas bangkit lagi," kata Roy kepada CNBC Indonesia, Rabu (13/5/2020).

Roy menyebutkan ada sekitar 10 gerai Matahari yang sudah mulai dibuka di seluruh Indonesia. Sementara untuk di Jakarta belum ada yang buka, sedangkan di wilayah Bogor, Depok, Tagerang dan Bekasi (Bodetabek) sudah ada yang uji coba dan persiapan buka.

Emiten ritel lainnya, PT Ramayana Lestari Santosa Tbk (RALS), juga masih membuka gerainya, yakni Mall Ramayana Serang, Tangerang, Banten. CNBC Indonesia sudah berupaya menghubungi Direktur RALS, Setiyadi Surya dan Direktur Keuangan RALS, Suryanto.

Akan tetapi, pesan singkat dan telepon CNBC Indonesia belum direspons manajemen.

Namun dalam pengumuman resmi Ramayana di akun resmi Twitter, @ramayanaads, disebutkan Ramayana resmi membuka 105 toko terutama di Jawa, dengan membuka juga layanan pesan antar.



Untuk di Jawa di antaranya Ramayana Cibubur, Ramayan Sleman, Madiun, Ramayana Graha Cijantung, Ramayana Cengkareng, Ramayana Kebayoran Lama, Ramayana Gresik, dan Ramayana Plaza Pratama Bekasi.

Emiten ritel yang menjual kebutuhan rumah tangga lainnya, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), juga masih tetap melaksanakan ekspansi kendati menghadapi pandemi Covid-19.


Pada tahun ini, perseroan berencana membuka gerai baru keenam di Living Plaza, Tangerang, Banten. Dengan penambahan gerai baru ini, secara keseluruhan, perseroan memiliki 203 gerai di tanah air.

"Kami sampaikan bahwa pada tanggal 12 Mei 2020, PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES) akan membuka gerai baru Ace keenam di tahun ini," kata Sekretaris Perusahaan ACES, Helen Tanzil, di keterbukaan informasi BEI, dikutip Rabu (13/5/2020).



[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading