Anies Serukan Perkantoran Setop, BEI Tetap Beroperasi Normal

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
22 March 2020 14:41
Seruan Anies untuk setop kegiatan perkantoran berlaku mulai besok, namun BEI memastikan tetap beroperasi normal
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bursa Efek Indonesia memastikan tetap menjalankan kegiatan operasional seperti biasa di tengah pandemi Covid-19. 

Hal ini disampaikan Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo, meskipun sebelumnya sudah ada seruan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar kegiatan perkantoran di ibu kota ditiadakan selama 14 hari, terhitung sejak Senin depan, 23 Maret.

Laksono mengatakan, kebijakan yang ditempuh BEI akan menyesuaikan dengan kebijakan Bank Indonesia. 

"Bursa tetap buka selama BI buka, kecuali ditetapkan lain oleh OJK," kata Laksono Widodo, saat dikonformasi CNBC Indonesia, Minggu (22/3/2020). 

Namun, untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Corona, BEI telah menerapkan kebijakan pembagian area kerja di tempat terpisah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi karyawan yang sudah diterapkan sejak Rabu, 18 Maret 2020. 



Selain pemberlakuan kebijakan tersebut, BEI juga telah melakukan pembatasan kegiatan-kegiatan, seperti sosialisasi, rapat, dan kegiatan lain yang memerlukan interaksi dengan orang banyak, serta penundaan terhadap penyelenggaraan acara di Main Hall BEI dan area umum BEI lainnya sampai dengan waktu yang belum ditentukan. 

Mengacu kepada seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2020, ada lima poin yang disebutkan dalam seruan, pertama menghentikan kegiatan perkantoran, menutup fasilitas operasional, dan melalukan kegiatan berusaha dari rumah. Kedua, bagi perusahaan yang tidak bisa melakukan hal ini, harus meminimalisir sampai batas minimal.

Ketiga memperhatikan surat edaran Menaker No. M/3/HK/04/III/2020 tentang perlindungan pekerja/buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Keempat, seruan ini berlaku selama 14 hari. Terakhir, informasi-informasi mengenai penyebaran dan panduan penanggulangan bisa diakses langsung melalui situs yang telah tersedia.


[Gambas:Video CNBC]





(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading