Bunga Acuan BI Ditahan Hari Ini, Nanti Bisa Turun Nggak?

Market - Lidya Julita Sembiring-Kembaren, CNBC Indonesia
23 January 2020 14:39
Bank sentral menegaskan bahwa posisi (stance) kebijakan moneter masih akomodatif.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan. Namun bank sentral menegaskan bahwa posisi (stance) kebijakan moneter masih akomodatif.

Hari ini, Rapat Dewan Gubernur (RDG) edisi Januari 2020 memutuskan mempertahankan BI 7 Day Reverse Repo Rate di angka 5%. Keputusan ini sesuai dengan konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia.


"Kebijakan moneter tetap akomodatif dan konsisten dengan prakiraan inflasi yang terkendali dalam kisaran sasaran, stabilitas eksternal yang terjaga, serta upaya untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik. Strategi operasi moneter terus ditujukan untuk menjaga kecukupan likuiditas dan mendukung transmisi bauran kebijakan yang akomodatif," kata Perry dalam konferensi pers usai RDG di kantor BI, Jakarta, Kamis (23/1/2020).


Dengan kebijakan yang akomodatif, apakah mungkin suku bunga acuan turun?

"Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta turut mendukung momentum pertumbuhan ekonomi," kata Perry.



(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading