Polling CNBC Indonesia

Pasar Tak Kompak, Bunga Acuan BI Tetap atau Turun Nih?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
22 January 2020 06:46
BI hari ini akan memulai RDG pertama pada 2020. Pengumuman suku bunga acuan akan diumumkan esok hari.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) hari ini akan memulai Rapat Dewan Gubernur (RDG) pertama pada 2020. Pengumuman suku bunga acuan akan diumumkan esok hari.

Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan Gubernur Perry Warjiyo dan sejawat masih akan mempertahankan BI 7 Day Reverse Repo Rate di 5%. Dari 10 ekonom yang terlibat dalam pembentukan konsensus, hanya dua yang meramal suku bunga acuan diturunkan 25 basis poin (bps) menjadi 4,75%.

Institusi

BI 7 Day Reverse Repo Rate (%)

BCA


5

Citi

5

ING

5

Bahana Sekuritas

5

CIMB Niaga

5

Maybank Indonesia

5

Bank Danamon

5

BNI Sekuritas

4.75

UOB Indonesia

5

Trimegah Sekuritas

4.75

MEDIAN      

5


Putera Satria Sambijantoro, Ekonom Bahana Sekuritas, adalah salah satu yang memperkirakan suku bunga acuan tetap bertahan 5%. Menurutnya, tren apresiasi rupiah yang sampai mengundang perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan membuat BI terpancing untuk menurunkan suku bunga.

Belum lama ini, Kepala Negara 'menyentil' soal penguatan rupiah. Jokowi berpesan bahwa ada pihak yang mungkin bakal dirugikan jika rupiah menguat terlalu cepat yaitu eksportir. Ketika rupiah menguat, produk made in Indonesia menjadi lebih mahal di pasar global sehingga kurang berdaya saing.


Pada awal 2020, penguatan rupiah bisa dibilang luar biasa. Sejak akhir 2019 hingga kemarin, rupiah sudah menguat 1,66% terhadap dolar AS. Penguatan ini adalah yang terbaik di Asia.





[Gambas:Video CNBC]




Belum Perlu Stimulus Tambahan?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading