Portofolio Saham Jiwasraya-Asabri Mirip, BUMN: Ada Kaitannya

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
15 January 2020 17:04
Ada keterkaitan antara kasus Asabri dengan Jiwasraya
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melalukan review hasil audit PT Asabri (Persero) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ditemukan ada penurunan nilai hasil investasi di saham dan reksa yang signifikan.

"Asabri kami review. Kami lagi audit dengan BPKP, memang ada seperti yang dibaca media ada penurunan saham dan reksa dana signifikan," kata Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (15/1/2020). 

"Kami tadi review dengan BPKP dan komisaris. Dan kami akan melakukan tindakan-tindakan juga kami akan lihat siapa pihak-pihak yg bertanggung jawab, dan nanti pada saatnya kami umumkan sanksi dan proses seperti apa," kata Kartika.

Kementerian BUMN juga mengestimasi nilai kerugian di Asabri sekitar Rp 10 triliun seperti yang banyak diberitakan sebelumnya.


Selain itu, kata Kartika, ada keterkaitan antara kasus Asabri dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Intinya kami tadi review memang saham-saham yang ada di Asabri seperti yang ditampilkan medsos (media sosial) ya mirip-mirip-lah dengan Jiwasraya, jadi kami lihat ada semacam hubungan permainan saham di Jiwasraya dan Asabri.

Namun, tambah Kartika, mekanisme penyelesaian kasus Asabri berbeda dengan kasus Jiwasraya. Potensi kerugian yang Jiwasraya dikatakan lebih besar dibandingkan Asabri.

"Beda ya [mekanisme penyelesaian] karena Asabri [asuransi] sosial ya....[potensi kerugian] gedean Jiwasraya," jelas Kartika.


[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Tersandung Investasi Saham, Ini Beda Asabri dengan Jiwasraya


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading