Roundup

Grup Lippo Lepas 2 Mal, Trimegah Akui Transaksi Jiwasraya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
10 January 2020 08:38
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis kemarin (9/1/2020) ditutup menguat 0,78%.

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis kemarin (9/1/2020) ditutup menguat 0,78% ke level 6.274,49.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga melaju di zona hijau: indeks Nikkei terapresiasi 2,31%, indeks Shanghai menguat 0,91%, indeks Hang Seng naik 1,68%, dan indeks Kospi bertambah 1,63%.

Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi pada Jumat ini (10/1/2020).


1. Bank Amar & Cisadane Resmi Listing, Langsung Auto Reject!
Bursa Efek Indonesia kedatangan dua emiten baru di awal tahun 2020. Keduanya adalah PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) dan PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA).

Bank Amar jadi emiten ke-2 yang tercatat di tahun 2020 dengan melepas 1,2 miliar saham dengan harga penawaran umum Rp 174 per saham. Bank Amar merupakan bagian dari Tolaram Group. Saat debut perdana, saham keduanya melambung tinggi dan menyentuh level auto reject atas (ARA) atau batas penolakan kenaikan dalam sehari perdagangan.

Saat debut perdana, saham CSRA terpantau menguat 69,6% ke level Rp 212 atau menyentuh batas auto reject atas setelah ditransaksikan sebanyak 8 kali dengan volume 526 ribu lot saham.


2. Grup Lippo Lepas 2 Mal Rp 1,28 T, Ini Kata John Riady
Lippo Malls Indonesia Retail Trust/Retail Trust (LMIR Trust ) dan anak usaha yang dimiliki oleh PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) mengumumkan telah menandatangani perjanjian jual beli (CSPA) dengan NWP Retail atas penjualan kedua mal di Indonesia total sebesar Rp 1,28 triliun atau setara dengan S$ 124,3 juta.

Lippo Karawaci adalah perusahaan real estate dan operator mal dengan pangsa pasar 25% dari semua mal ritel modern di Indonesia dari Grup Lippo, sementara NWP Retail merupakan perusahaan kerja sama antara Warburg Pincus dengan PT City Retail Developments Tbk. (NIRO).

3. BUMI Sudah Lunasi Tranche A Senilai US$ 313,8 Juta
Emiten batu bara PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) menegaskan telah memproses pembayaran ke delapan sebesar US$ 11,6 juta melalui agen fasilitas pada tanggal 8 Januari 2020.

Dileep Srivastava, Direktur dan Corporate Secretary BUMI menjelaskan bahwa pembayaran tersebut mewakili pinjaman pokok sebesar US$ 4,6 juta dan bunga sebesar US$ 7,0 juta untuk Tranche A.


4. Apa Kabar Sugih Energy yang Karyawannya Tinggal 8 Orang?
Satu lagi emiten pertambangan minyak dan gas bumi (migas) yang dibekukan sementara transaksi perdagangan sahamnya (suspensi) oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten tersebut yakni PT Sugih Energy Tbk (SUGI).

Perdagangan saham perusahaan terkena suspensi sejak 11 Juli tahun lalu karena perseroan belum menyerahkan laporan keuangan tahunan 2018, sekaligus telat melakukan pembayaran denda. Sugih tergabung dengan 10 emiten lainnya yang juga disuspensi (enam emiten menjalankan perpanjangan suspensi).

5. BRI Agro Gelontorkan Rp 100 M untuk Investree
BRI Agro menandatangani Perjanjian Kerjasama penyaluran pendanaan dengan PT Investree Radhika Jaya (Investree) di mana untuk tahap awal disediakan dana sebesar Rp 100 Miliar.

Penandatangan perjanjian tersebut dilakukan di Gedung BRI Agro, Jakarta, Kamis (9/1/2020) dan dihadiri oleh Direktur Utama BRI Agro Ebeneser Girsang dan Direktur Sales dan Bisnis Investree Salman Baharudin.

6. Timah Mau RUPSLB, Siapa Saja yang Mau Dicopot?
Kementerian BUMN mengungkapkan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Timah Tbk. (TINS) adalah pergantian direksi dan juga komisaris perusahaan. RUPSLB Akan digelar pada 10 Februari mendatang.

"[Direksi Timah atau komisaris diganti?], bisa keduanya, bisa keduanya," kata Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN di Jakarta, Kamis (9/1/2020).




7. Mantap! Bukit Asam Kembali Raih PROPER Emas dan Hijau
PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kembali menerima penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) kategori Emas untuk Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) dan kategori Hijau untuk Unit Pelabuhan Tarahan (Peltar) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan PROPER Emas ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya kepada Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin di Istana Wakil Presiden, Rabu (8/1/2019).

8. Trimegah Akui Lakukan Transaksi Untuk Jiwasraya
PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM/LG) mengakui bahwa pihaknya melakukan transaksi perdagangan saham untuk PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengingat asuransi tersebut merupakan salah satu nasabahnya.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan perusahaan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) siang ini, perusahaan menyebutkan transaksi jual beli saham ini dilakukan mengingat kapasitasnya sebagai salah satu perusahaan sekuritas.

[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading