Listing Perdana, Saham Diler Mobil Mercy Lompat 69,60%

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
18 December 2019 09:19
Saat ini, nilai kapitalisasi pasar perusahaan diler Mercedez Benz dan Mitsubishi ini mencapai Rp 1,72 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan yang bergerak di bisnis diler kendaraan, PT Putra Mandiri Jembar Tbk (PMJS) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI). PMJS menjadi perusahaan ke 53 yang tercatat sepanjang tahun 2019.

Saat debut perdana, harga saham perseroan terpantau melompat signifikan 69,60% ke level Rp 212 per saham dari harga penawaran umum sebesar Rp 125 per saham. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar perusahaan diler Mercedez Benz dan Mitsubishi ini mencapai Rp 1,72 triliun.

Putra Mandiri Jembar melepas 13,76 miliar lembar saham baru kepada publik atau sekitar 20% saham. Dengan demikian, dari IPO ini, PMJS meraih dana sebesar Rp 17,2 miliar.

"Dana hasil IPO akan dipakai untuk ekspansi dealership ke Kalimantan dan Sumatera, dan mencari pekuang bisnis yang lain," kata Direktur Utama PMJS Fritz Gunawan, di Bursa Efek Indonesia, Rabu (18/12/2019).


Perseroan menunjuk Ciptadana Sekuritas Asia sebagai penjamin emisi efek.

Sebagai informasi, Putra Mandiri Jembar juga tidak hanya bergerak di bisnis diler kendaraan, perusahaan melebarkan bisnisnya ke bidang usaha jasa penyewaan kendaraan bermotor (rental) kepada perusahaan (Business to Business) melalui entitas anak, PT Global Pahala Rental.

PMJS juga berinvestasi di e-commerce melalui entitas anak, PT Mobilku Dotcom Sejahtera dengan melakukan akuisisi web portal (e-commerce) perdagangan kendaraan bermotor, Mobilku.com.

Saat ini, Perusahaan memiliki 45 showroom dealer Mitsubishi, 1 showroom dealer Mercedes-Benz dan 2 showroom dealer Nissan dan Datsun, yang berlokasi di 31 kota dan 10 provinsi yang tersebar di Sumatera, DKI Jakarta, dan Jawa.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading