Kalahkan Microsoft & Apple, Market Cap Saudi Aramco US$ 2 T

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
12 December 2019 14:34
Kalahkan Microsoft & Apple, Market Cap Saudi Aramco US$ 2 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham Saudi Aramco menyentuh level 38,7 riyal/unit atau US$ 10,32/saham setara dengan Rp 144.480/saham (asumsi kurs Rp 14.000/US$) pada hari kedua ditransaksikan di The Saudi Stock Exchange Tadawul, bursa saham Arab Saudi.

Kenaikan harga saham tersebut membuat nilai kapitalisasi Saudi Aramco mencapai US$ 2 triliun. Pencapaian tersebut membuat target Pangeran Mohammed bin Salman menjadi kenyataan.


Seperti dilansir dari CNBC International, nilai kapitalisasi Saudi Aramco tersebut lebih tinggi US$ 1 triliun dibandingkan nilai kapitalisasi perusahaan publik terbesar lainnya seperti Microsoft dan Apple.


Saudi Aramco mencatatkan sejarah dengan melepas 1,5% saham ke publik dan menjadikan Aramco sebagai perusahaan di bursa dengan nilai tertinggi di dunia.

Saat debut pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO), perusahaan ini juga meraup dana US$ 25,6 miliar. Angka ini mengalahkan dana yang diraup Alibaba, yang mencapai US$ 25 miliar.

CEO Aramco Amin Nasset mengatakan bangga dengan hasil yang didapat. Menurutnya hasil ini dilalui melalui proses analisis dan evaluasi.

"Kita bangga dengan hasil hari ini," ujarnya seperti dikutip dari CNBC International.  "Perusahaan ini akan terus berkembang menjadi pemimpin dalam sektor energi."

Sementara itu analis menilai IPO Aramco sangat sukses.

"Ini adalah IPO yang sukses dan listing Aramco bisa menambah kedalaman pasar lokal, dengan memberikan eksposur ke sektor vital ekonomi Arab Saudi," ujar analis dari Franklin Templeton Emerging Markets Equity, Bassel Khatoun.

"Kami berharap, Aramco menjadikan langkah di Tadawul sebagai batu loncatan ke bursa internasional."

Baru IPO saham Aramco melesat

[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading