Penuh Tantangan, Hanson Optimistis Tetap Lanjutkan Ekspansi

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
22 November 2019 18:46
PT Hanson International Tbk (MYRX) tetap melanjutkan ekspansi usahanya meski di tengah tantangan yang terjadi.
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Hanson International Tbk (MYRX) tetap melanjutkan ekspansi usahanya meski di tengah tantangan yang terjadi. Baru-baru ini perusahaan mendapatkan teguran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimpun dana melalui pinjaman individual. Hanson pun berkomitmen untuk membayar semua pinjaman individual hingga Oktober 2020.

Direktur Perusahaan Rony Agung Suseno mengatakan semua proyek yang industri properti bukan hanya persoalan tanah, melainkan juga infrastrukturnya.

Namun return investasinya pun besar, bahkan lebih dari 100%. Nilai tanah pun selalu naik setiap tahunnya, apalagi Hanson membangun hunian di sekitar Jakarta sehingga memberikan nilai tambah bahkan naik 10 kali lipat dibandingkan investasi awal.


"Kami sudah bangun 10-15% lahan kami. Kalau sudah mencapai 30-40% secara ekonomis saham harus naik," kata Rony belum lama ini.


Direktur Hanson Hartono pun mengatakan perusahaan tetap mengoptimalkan pembangunan tanah-tanah di Citra Maja.

Perusahaan tetap melanjutkan kerja sama operasi dengan Grup Ciputra untuk Citra Maja Raya, yang siap memasuki pembangunan tahap selanjutnya dengan mengutilisasi lahan yang sudah ada dan proses akuisisi. Dengan rencana luas lahan 2.600 hektar, menurutnya banyak ruang harus dioptimalisasikan.

"Jadi kami masih fokus untuk perluasannya, dan pengembangan lokasi yang bisa disambung, kan masih ada beberapa area yang belum dibebasin jadi sambil cover itu juga, " katanya.

Sebelumnya manajemen Hanson pun menyebutkan perusahaan tetap melakukan belanja tanah setiap harinya, demi mewujudkan rencana menyambungkan proyeknya dari Serpong hingga Rangkasbitung.

Manajemen mengungkapkan fokus untuk membangun kota terpadu dan menyediakan hunian untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Dengan konsep kota terpadu ini diharapkan bisa menunjang fasilitas masyarakatnya.

"Kami memberikan peluang kepada masyarakat di sekitar sini. Dulu Maja tidak seramai ini," katanya.

Bukan hanya Citra Maja Raya, perusahaan juga tetap melanjutkan pembangunan Millennium City. Rencananya, akan dibangun 1.200 rumah di proyek yang terletak di Parung Panjang, Kabupaten Bogor.


Saat ini perusahaan telah memasarkan 3 klaster di Millennium City, dan telah habis terjual. Rencananya Hanson juga akan menawarkan satu lagi klaster baru pada 2020. Di lahan seluas 1.388 hektar are ini juga akan dibangun 76 ruko.

"Investasi yang dianggarkan untuk pembangunan rumah kurang lebih Rp 300-400 miliar. Itu belum termasuk tanah dan infrastruktur," kata Manajemen Hanson kepada CNBC Indonesia belum lama ini.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading