Transaksi Tinggal 1,8%, Bagaimana Nasib Kantor Cabang BCA?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
10 November 2019 13:53
Transaksi Tinggal 1,8%, Bagaimana Nasib Kantor Cabang BCA? Foto: CNBC Indonesia/Gita Rosiana
Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan teknologi informasi benar-benar terasa dampaknya bagi industri perbankan. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), bank dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia, juga mengalami hal tersebut dimana jumlah transaksi di kantor cabang berkurang secara signifikan.

Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, nasabah BCA yang datang dan bertransaksi di cabang kian sedikit. Saat ini jumlahnya hanya sekitar 1,8% dari seluruh nasabah BCA.

Hal ini, disebabkan dengan perkembangan teknologi. Nasabah kini tak perlu repot-repot datang ke kantor cabang karena cukup melalui layanan digital banking.

Bayangkan, situasi ini berbeda dengan 12 tahun lalu. Mengacu data BCA, pada 2007, sebanyak 71% nasabah bertransaksi melalui ATM, 17% di cabang dan sisanya mobile banking. Namun sekarang, 75% nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking dan internet banking, 23% melalui ATM.


"Cabang yang tadinya 17% sekarang 1,8%," ujar Jahja di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Meski ada penurunan dari jumlah pengunjung terus menurun, tapi, dari sisi nilai transaksi di cabang masih mendominasi, sekitar 50%. Artinya eksistensi cabang masih dibutuhkan untuk mengelola uang tunai, kliring, cek dan lainnya.

Jika pola transaksi ritel beralih ke digital, kata dia, dalam bisnis bank lain cabang masih dibutuhkan terutama pada bisnis korporasi, komersial hingga KPR.

"Tapi kalau bisnis perbankan saya yakin bisnis korporasi, komersial, UKM dan konsumer loan KPR dan KKB masih tetap butuh konvensional hanya proses di bank akan sangat cepat. Lalu dengan korporasi ada sistem layanan sendiri dan kalau bisa connect, kita bisa layani dengan baik," jelasnya.

Sebagai gambaran saja, hingga September 2019, BCA memiliki 1.246 kantor cabang dengan 17.673 ATM. BCA melayani hampir 21 juta rekening nasabah.

Pada 2018, BCA memiliki 1.249 kantor cabang dengan 17.778 ATM dan melayani lebih dari 19 juta rekening nasabah. Adapun pada 2017, cabang BCA berjumlah 1.235 kantor dengan 17.558 ATM serta lebih dari 17 rekening nasabah. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading