Jadi Menteri Jokowi, Ini Jawaban Lengkap Erick Thohir

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 October 2019 14:15
Jadi Menteri Jokowi, Ini Jawaban Lengkap Erick Thohir
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha yang juga pemilik perusahaan media dan hiburan di bawah bendera Mahaka Media, Erick Thohir, Senin ini (21/10/2019) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan ditunjuk menjadi salah seorang menteri mengisi Kabinet Kerja jilid 2.

Setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan ini memberikan pernyataan pers menyampaikan hasil pertemuan. Erick mengatakan dalam dialog dengan Jokowi, dirinya mendapatkan masukan terkait visi dan rencana kerja yang akan dilakukan untuk 5 tahun ke depan.


Berikut ini petikan wawancara antara Erick Thohir dengan awak media yang berlangsung di Istana Negara.


Foto: Erick Thohir (CNBC Indonesia/Ratu Rina)


Posisi apa yang ditawarkan Presiden Jokowi?
Posisi, sudah seyogyanya biar presiden yang sampaikan. Tapi kalau interview setiap calon menteri cukup lama karena beliau sangat detail mem-breakdown rencana kerja beliau.

Ini merupakan KPI [key performance index], kalau kita lihat beliau sudah menyampaikan di pidatonya ada 5 visi beliau dimana juga mungkin kita lihat visi nomor 3 mengenai pembenahan birokrasi.

Termasuk kalau saya melihatnya tentu jabatan ini bukan sesuatu yang euforia tetapi sebuah amanah yang menurut saya sangat-sangat berat untuk dijalankan. Apalagi beliau juga tidak sungkan-sungkan meminta semua calon menteri harus menandatangani pakta integritas.

Dan beliau kemarin menyampaikan di pidato menyampaikan akan mencopot menteri-menteri yang tidak bisa menjalankan KPI. Ini saya rasa bukan sebuah jabatan yang mohon maaf, wah!


Jadi menteri tetapi ini merupakan hal yang menurut saya berat.


Sudah bersedia?
Beliau menjelaskan pemikiran beliau yang saya rasa sangat positif untuk rakyat ke depan. Dan selama ini background saya swasta sama seperti Nadiem atau Wishnutama yang tidak pernah berkecimpung ke pemerintahan, di mana bagian tugas negara yang kadan-kadang tidak pernah terpikirkan. Tetapi tentu intinya bagaimana beliau memaparkan pemikiran yang saya rasa kita semua wajib membantu dan ini sesuai dengan pidato kemarin buat rakyat.

Bersedia?
Saya lebih banyak ekonomi.

Apa saja yang dibicarakan?
Banyak di ekonomi. Saya rasa beliau kemarin menyampaikan di 2045 target kita menjadi negara maju di mana GDP per tahun 300 juta lebih. Rata-rata gaji hampir 30 juta. Dan ini sudah jadi negara maju, di mana tingkat kemiskinan 2045 mendekat 0%.

Tapi itu kan 2045 ini kan 5 tahun, tentu dalam 5 tahun ini dengan kondisi persaingan perang dagang ekonomi banyak juga negara tetangga mulai merasakan ini yang perlu diantisipasi.

Seperti beliau sampaikan kemarin kalau satu titik terus akan jadi UU tapi bagaimana kita harus ubah hal-hal yang monoton diubah total. Sekarang eranya yang harus produktif kalau tidak kita akan terus jadi market bukan berarti anti asing tapi bagaimana menjaga produk nasional dan lain-lain.

Pakta integritas?
Nanti kalau pada saat dilantik harus tanda tangan. Di dalam belum ini kan masih calon.

Kapan dihubungi lagi?
Saya yang pasti dari beliau rencana setelah beliau menginterviu calon-calon menteri tentu beliau akan putuskan. Hari ini tentu luar biasa kalau dipercaya ya harus bersedia.

Posisi di perusahaan?
Sudah pasti dengan jabatan seperti ini tidak boleh ada conflict of interest. Memang cukup berat bagi saya secara pribadi karena pada saat Asian Games berhenti total hampir 2tahun 8 bulan kemarin juga harus lagi ada kerjaan lain saya rasa sudah hampir 3 tahun lebih. Sekarang baru 2-3 bulan kembali normal, ya mungkin itu rahasia Allah.

(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading