Impor Batu Bara China Anjlok, Harga Ikut Amblas

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
14 October 2019 12:01
Dalam sepekan terakhir, harga komoditas ini sudah anjlok lebih dari 1%.
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga batu bara dunia turun lagi melemah seiring dengan turunnya impor batu bara China. Dalam sepekan terakhir, harga komoditas ini sudah anjlok lebih dari 1%.

Pada akhir pekan lalu, harga batu bara kontrak berjangka ICE Newcastle ditutup melemah 1,51% menjadi US$ 68,35/ton. Dalam sepekan terakhir, harga batu bara terkoreksi 1,72%.




Mengutip data bea cukai China, impor batu bara September turun 8,1% menjadi 30,29 juta ton dari 32,95 juta ton pada Agustus. Impor batu bara naik 20,5% jika dibandingkan dengan periode September tahun lalu. Sementara secara year to date, China telah mengimpor sebanyak 251 juta ton batu bara, naik 9,5% dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Tingginya impor batu bara dalam beberapa bulan terakhir menjadi penyebab kekhawatiran para trader, karena mereka ditakutkan pihak berwenang akan memperketat impor untuk sisa tahun ini. Kebijakan pemerintah, meskipun tidak pernah dinyatakan di depan publik, mengharuskan impor tahunan tidak melebihi tahun sebelumnya. Pada 2018, Cina mengimpor 281,23 juta ton batubara.

Pelemahan ekspor dan kekhawatiran permintaan akan turun inilah yang membuat harga batu bara kembali tertekan mengingat China merupakan konsumen batu bara terbesar di dunia.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(twg/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading