Internasional

Sesuai Ekspektasi, Bank Sentral Jepang Pertahankan Suku Bunga

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
19 September 2019 13:13
Sesuai Ekspektasi, Bank Sentral Jepang Pertahankan Suku Bunga
Jakarta CNBC Indonesia - Bank sentral Jepang, Bank of Japan (BOJ) mempertahankan kebijakan moneter stabil pada Kamis (19/9/2019). Meski demikian, pejabat setempat mengisyaratkan kemungkinan memperluas stimulus di pertemuan Oktober nanti.

BOJ mempertahankan suku bunga jangka pendek di -0,1% dan mengarahkan yield obligasi 10 tahun ke kisaran 0%. Saat ini yield obligasi -0,225%.

Dalam pernyataannya bank sentral akan terus memberi perhatian pada pertumbuhan ekonomi. BOJ juga mengatakan tidak ingin kehilangan momentum untuk mencapai target inflasi 2%.



"Dengan mempertimbangkan situasi ini, BOJ akan memeriksa kembali perkembangan ekonomi dan harga, pada pertemuan kebijakan berikutnya. Ketika meninjau pertumbuhan jangka panjang dan perkiraan harga," ujar pernyataan BOJ sebagaimana dikutip dari Reuters.

Pengumuman BOJ datang beberapa jam setelah bank sentral AS, The Federal Reserve, memangkas suku bunga. The Fed memotong suku bunga hingga 25 basis poin (bsp) ke rentang antara 1,75% dan 2%.


"BOJ berdiri hari ini karena pergerakan yen stabil setelah keputusan oleh rekan-rekan AS dan Eropa. Ini memberikan ruang untuk bernapas," kata Yasunari Ueno, ekonom Jepang dari Mizuho Securities.

Keputusan BOJ ini dilalui setelah 7 anggota dewan menyetujui untuk mempertahankan suku bunga. Sedangkan dua anggota lainnya menyatakan tidak setuju dengan langkah ini.

Sementara itu, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda akan mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan keputusan kebijakannya.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading