Rogoh Rp 500 M, Matahari Siap Buka 8 Gerai Baru

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 June 2019 14:58
PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) pada tahun ini berencana membuka delapan gerai baru.
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten ritel PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) pada tahun ini berencana membuka delapan gerai baru. Perseroan masih fokus membidik pangsa pasar kelas menengah.

Sekretaris Perusahaan Matahari Department Store, Miranti Hadisusilo merinci, gerai baru yang dibuka tersebut terdiri dari tiga gerai departement store, sisanya specialty store.

Perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 500 miliar. Rencananya, penambahan gerai departement store akan dibuka pada semester kedua. "Departement store yang dibuka di Jawa dan luar Jawa 2-3 tiga gerai, sisanya specialty store," kata Miranti saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (24/6/2019).

Foto: Sekretaris Perusahaan Matahari Department Store, Miranti Hadisusilo/CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik
 

Specialty store yang dimaksud Miranti adalah toko ritel yang mendapat lisensi ekslusif bagi Matahari seperti 361 Sports dan OVS, brand ritel asal Italia. Terbaru, Matahari baru membuka empat gerai baru, dengan rincian satu gerai department store di Bandung dan tiga gerai stand alone atau specialty store dengan brand 361.

Dia berharap, dengan adanya brand dan gerai baru, bisa menyokong pendapatan perusahaan dengan kode saham LPPF tersebut.



"Growth sama dengan tahun lalu, single digit, di bawah 10 persen," kata dia menambahkan.


Sebagai informasi, tahun lalu, laba bersih perusahaan anjlok hingga 42% menjadi Rp 1,1 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,91 triliun. Koreksi ini menandai kontraksi laba bersih selama 2 tahun berturut-turut. Pada tahun 2017, laba bersih perusahaan terkontraksi sebesar 6%.

Anjloknya laba bersih pada tahun 2018 disebabkan oleh pengakuan kerugian atas investasi MatahariMall.com senilai Rp 769,77 miliar.

Sementara itu, pendapatan bersih pada tahun 2018 tercatat sebesar Rp 10,24 triliun, dari periode yang sama di tahun sebelumnya Rp 10,02 triliun.

Simak bagaimana strategi bisnis Matahari tahun ini.
[Gambas:Video CNBC]

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading