Incar Investor Ritel & Institusi, Panin AM Rilis ETF Perdana

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
27 May 2019 11:35
PT Panin Asset Management resmi mencatatkan reksa dana yang dapat ditransaksikan di bursa.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan manajer investasi PT Panin Asset Management resmi mencatatkan reksa dana yang dapat ditransaksikan di bursa atau exchange traded fund (ETF) perdananya, RD Indeks Panin ETF IDX30 Dinamis, pada Senin ini (27/5/2019).

Instrumen investasi ini di terbitkan dengan menyasar investor ritel dan institusi.

Presiden Direktur Panin Asset Management, Ridwan Sutedja mengatakan ETF yang dicatatkan perseroan hari ini berbeda dengan reksa dana ETF yang sudah ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Produk investasi tersebut akan menjadi ETF pertama yang akan memiliki sekuritas sebagai diler partisipan (dealer participant) lebih dari satu.


"Kami melakukan terobosan, ETF dijual lebih dari satu dealer partisipan. Mudah-mudahan menambah investor yang berpartisipasi," kata Ridwan, di gedung BEI, Senin (27/5/2019).


ETF adalah reksa dana yang dapat dibeli dan dijual secara dinamis dan real time di BEI melalui sekuritas domestik manapun.

Biasanya, ETF memiliki portofolio yang mengacu pada indeks tertentu baik sektoral yang sudah ada atau yang portofolionya aktif dikelola sendiri oleh manajer investasi tersebut.

RD Indeks Panin ETF IDX30 Dinamis ini berbasis saham unggulan yang mengacu pada indeks IDX-30. "Karena saham-saham yang paling besar dan likuiditas yang paling tinggi sehingga saham yang masuk dan keluar itu merepresentasikan pergerakan bursa itu sendiri," lanjut Ridwan.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyampaikan bahwa penerbitan reksa dana ETF baru ini akan menambah koleksi produk ETF di bursa menjadi 27 produk, terdiri dari 25 ETF saham dan dua ETF obligasi.

"Kami mengharapkan ETF dengan tema yang lain sehingga alternatif dengan investor," kata Nyoman.

BEI, katanya, berharap semakin banyak perusahaan manajer investasi lainnya yang aktif menerbitkan ETF. Pun demikian halnya dengan diler partisipan yang terlibat, mengingat tercatat baru hanya ada 5 dari 111 perusahaan sekuritas anggota bursa (AB) yang ikut terlibat.

"Diharapkan aktif, tentunya kami yakin reksa dana ini mendapat respons positif dari investor," ujarnya.

Sebagai informasi, manajer investasi lain yang juga sudah mengelola ETF adalah PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT BNI Asset Management, PT Danareksa Investment Management, PT MNC Asset Management, PT Phillip Asset Management, dan PT Sinarmas Asset Management.

Pada 2019, ETF yang sudah diterbitkan selain RD Indeks Panin ETF IDX30 Dinamis antara lain RD Indeks Batavia IDX30 ETF, RD Indeks Batavia SRI-Kehati ETF, dan ETF Phillip MSCI Indonesia Equity Index.

Simak ulasan ketika IHSG terkoreksi, saatnya beli ETF?
[Gambas:Video CNBC]
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading