Lega, Ekonomi Jerman Kembali Tumbuh Setelah Loyo 6 Bulan

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 May 2019 15:31
Rilis data ekonomi awal, Rabu (15/5/2019), menunjukkan ekonomi Jerman kembali ke jalur pertumbuhan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Rilis data ekonomi awal, Rabu (15/5/2019), menunjukkan ekonomi Jerman kembali ke jalur pertumbuhan. Pada kuartal pertama angka produk domestik bruto (PDB) di ekonomi terbesar di Eropa itu tumbuh 0,4% secara kuartalan, kata Kantor Statistik Federal negara itu.

Angka ini sesuai dengan harapan para analis.

Produk domestik bruto (PDB) Jerman turun di kuartal ketiga tahun lalu dan stagnan di kuartal keempat.


Menteri Ekonomi Peter Altmaier pun memuji hal ini sebagai "sinar harapan pertama" pertumbuhan, tetapi ia menambahkan bahwa ini seharusnya bukan alasan untuk tidak waspada.


"Perang dagang internasional masih belum terselesaikan. Kami harus melakukan segala yang mungkin untuk menemukan solusi yang dapat diterima yang memungkinkan perdagangan bebas," kata Altmaier.

Altmaier yang merupakan orang kepercayaan Kanselir konservatif Angela Merkel, mengulangi seruannya untuk membantu perusahaan-perusahaan dengan mengurangi birokrasi dan menurunkan pajak.

Kembalinya pertumbuhan ekonomi Jerman pada kuartal pertama ini dibantu oleh naiknya pengeluaran rumah tangga dan industri konstruksi yang berkembang pesat.

Dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh 0,7%, menurut data yang disesuaikan dengan kalender. Ini juga sesuai dengan perkiraan.

Sebelumnya, ekonomi Jerman mengalami kontraksi 0,2% pada kuartal ketiga tahun lalu dan mandek pada kuartal keempat.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading